Kajati Sumbar: jangan sampai ada insan kejaksaan bermental korup

id Priyanto,sumbar,kejaksaan

Kajati Sumbar: jangan sampai ada insan kejaksaan bermental korup

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar, Priyanto. (ANTARASumbar/FathulAbdi)

Padang, (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Priyanto menekankan pentingnya integritas bagi insan Kejaksaan dalam melaksanakan tugas.

"Proses penegakan hukum yang baik dan benar hanya akan terwujud bila masalah integritas dianggap keutamaan dan dijadikan pijakan," kata Priyanto di Padang, Kamis.

Hal itu dikatakannya saat melantik serta mengambil sumpah sejumlah pejabat di Kantor Kejati Sumbar, Jalan Raden Saleh Kota Padang.

Karena itu ia mengingatkan agar tidak ada insan kejaksaan bermental korup, curang, dan menyalahgunakan kewenangan dalam bertugas.

"Praktik penyimpangan itu hanya akan menguatkan citra negatif kepada penegak hukum, meskipun yang berbuat hanya beberapa oknum," katanya.

Menurutnya bukan sesuatu yang berlebihan jika integritas dianggap sebagai kunci dan prasyarat utama yang harus dipenuhi oleh jajaran.

Ia juga memerintahkan masing-masing Kepala Kejaksaan Negeri untuk meningkatkan pengawasan secara melekat kepada jajaran.

"Peluang pelanggaran atau penyimpangan dalam melaksanakan tugas serta wewenang harus dicegah," katanya.

Berdasarkan catatan, kasus yang sempat menjadi perhatian publik adalah suap yang diterima oknum jaksa Kejati Sumbar atas nama Farizal dari seorang pengusaha gula.

Kasus itu ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan sudah diputus Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Padang pada 5 Mei 2017, dengan hukuman 5 tahun penjara, denda Rp 250 juta subsider 4 bulan penjara dan wajib membayar uang pengganti Rp 335,6 juta. (*)