Besok sore, DPR umumkan sembilan nama calon komisioner KPI

id Calon komisioner KPI,DPR

Besok sore, DPR umumkan sembilan nama calon komisioner KPI

Anggota Komisi 1 DPR RI Syarief Hasan saat ditemui di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (09/07/2019). (ANTARA/Kuntum Khaira Riswan)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi 1 DPR RI dari fraksi Demokrat Syarief Hasan memastikan DPR akan mengumumkan sembilan nama calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada Rabu (10/7) sore.

“Ya besok sore lah. Setelah itu kita akan kembalikan ke Menkominfo,” kata Syarief Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut Syarief menyampaikan, saat ini Komisi I DPR RI masih melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan calon komisioner KPI Pusat periode 2019-2020.

Selain itu, Syarief berpendapat pemaparan 15 calon komisioner pada hari pertama cukup menarik.

“Ya menarik semua ini kelihatannya. Bagus semua nanti kita tinggal evaluasi,” kata Syarief.

Uji kelayakan dan kepatutan calon Komisioner dilaksanakan sejak Senin hingga Rabu (10/7) mendatang. Uji hari pertama dan kedua diikuti oleh masing-masing 15 calon komisioner KPI dan hari Rabu diikuti empat calon termasuk Ketua KPI periode 2016-2019 Yuliandre Darwis.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari menyebutkan 3 kriteria penilaian yang ditetapkan guna untuk menyaring kandidat, yakni integritas, kompetensi, dan wawasan.

Abdul juga menegaskan bahwa anggota KPI tidak boleh menjadi perpanjangan tangan media. Sebab, lembaga independen tersebut mengemban tugas sebagai pengawas konten media penyiaran.

Menurut Kharis, KPI sebagai pengawas konten siaran, terutama televisi dan radio, tidak boleh menjadi perpanjangan tangan pemilik dan pengelola media.

“Saya harapkan calon anggota KPI yang nantinya terpilih, akan lebih baik dari anggota KPI periode sebelumnya," katanya.