Tokoh Luak Limopuluah Anda Setia Budi dikukuhkan menjadi Dt Siri Dirajo

id Anda Setia Budi,Pengukuhan Datuk,Payakumbuh,Adat Minangkabau

Tokoh Luak Limopuluah Anda Setia Budi dikukuhkan menjadi Dt Siri Dirajo

Anda Setia Budi Dt Siri Dirajo (tengah) (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Sarilamak  (ANTARA) - Salah seorang tokoh di Luak Limapuluh (Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) dikukuhkan sebagai kepala kaum Suku Koto sudut nan sembilan, Jorong Ampang Gadang di Nagari VII Koto Talago, Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Batagak Penghulu ini untuk mempertahan adat pusaka dan adat istiadat yang kini telah usang kita perkuat," Sekretaris Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Limapuluh Kota, Datuk Paduko Tuan, di Sarilamak, Senin.

Ia mengatakan proses pamuntiangan (pengukuhan) Anda Setia Budi sebagai Dt Siri Dirajo penghulu kaum suku Koto tersebut sudah melalui kesepakatan kaum kepersukuan di nagari.

Sementara itu Anda Setia Budi mengatakan dirinya adalah Datuk Siri Dirajo yang kedelapan termasuk mantan Wali Kota Payakumbuh.

"Sebagai datuk tentu saya akan komit mendidik anak kemenakan, suatu kaum pasti ada gonjang ganjing kita sebagai ninik mamak tentu menyatukan kaum," ujarnya.

Sebagai ninik mamak ia mengimbau kepada kepala daerah untuk memperhatikan pembangunan di daerahnya yang telah banyak melahirkan tokoh sentral.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang hadir dalam pengukuhan tersebut mewakili Gubernur Irwan Prayitno mengatakan sebagai kepala daerah di Minangkabau ia menaruh harapan besar kepada ninik mamak.

"Ninik mamaklah yang memiliki tanah di Minang ini, keputusan akhir semua di mereka, kita hanya menjalankan yang ada," kata Riza.

Meskipun begitu ia berharap jangan sampai pula nagari tak maju disebabkan oleh ninik mamak.

"Dengan kelapangan dada ninik mamak pembangunan kita bisa dijalankan baik pembangunnan fisik maupun non fisik," ujarnya.

Jika ada persoalan semua bisa diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat bersama ninik mamak.

"Pengalaman kami tidak ada kusut yang tidak terselesaikan," katanya.