Jalan menuju Pantai Air Manis bakal dilebarkan

id pantai air manis, batu malin kundang,wisata bahari

Foto udara Pantai Air Manis Padang (Antara Sumbar/Iggoy El Fitra)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang akan memperlebar jalan menuju Pantai Air Manis sehingga akses menuju kawasan wisata yang dikenal dengan batu Malin Kundang tersebut menjadi lebih lebar.

"Pelebaran jalan perlu dilakukan setelah melihat tingkat kunjungan wisatawan saat Idul Fitri 1440 Hijriah yang membludak sehingga perlu jadi prioritas," kata Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Kamis.

Menurut dia, pelebaran jalan ke Pantai Air Manis merupakan tindak lanjut dari program betonisasi dan pelebaran jalan yang menjadi salah satu program unggulan Pemkot Padang lima tahun ke depan.

Hendri menyampaikan saat Lebaran ia menyaksikan betapa padatnya arus kendaraan yang hendak menuju Pantai Air Manis. "Untung saya berangkat pakai motor, kalau pakai mobil bisa tertahan lama karena antrean kendaraan cukup panjang," ujarnya.

Ia menilai saat ini Padang telah menjadi daerah tujuan wisata sehingga salah satu yang harus dipersiapkan adalah infrastruktur dan sarana penunjang.

Ia mengatakan pelebaran jalan tidak hanya bermanfaat ketika Lebaran namun juga pada hari biasa sehingga pengunjung ke Pantai Air Manis lebih ramai dan nyaman.

Sebelumnya, ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Sumbar Ian Hanafiah mengatakan hampir 98 persen wisatawan Malaysia yang datang ke Sumbar minta berkunjung ke dua lokasi yaitu Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis dan Rumah Kelahiran Buya Hamka di Maninjau.

"Dulu karena jalan satu-satunya curam, sulit untuk memenuhi karena jika membawa bus medannya terlalu berat," kata dia.

Namun, sejak ada jalan baru dari Gunung Padang menuju Pantai Air Manis akses ke pantai batu Malin Kundang tersebut menjadi lebih mudah karena jalannya besar.

Salah satu objek wisata yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Padang, adalah Pantai Air Manis yang terkenal dengan legenda Batu Malin Kundang.

Selain untuk melihat objek wisata batu Malin Kundang Pantai Air Manis menjadi tujuan wisata peselancar pemula.

Pantai Air Manis memiliki ombak berlapis-lapis yang jarang ditemukan di Sumatera sehingga para peselancar pemula berkunjung untuk berselancar.

Selain itu, Pantai Air Manis juga memiliki lingkungan yang kaya akan hutan tropis sehingga jika direvitalisasi akan menjadi pusat kunjungan wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar