Wako Sawahlunto sambangi jamaah Masjid Taqwa Talawi

id TSR Pemkot Sawahlunto

Tim safari Ramadhan Pemerintah Kota Sawahlunto memberikan dana hibah untuk pembangunan masjid yang diterima pengurus masjid Taqwa sebesar Rp7,5 juta dan kain sarung untuk Garin Masjid. (Antara Sumbar/Taufan Razzak)

Sawahlunto, (ANTARA) - Tim Safari Ramadhan Pemerintah Kota Sawahlunto, SumateraBarat menyambangi jamaah MasjidTaqwa Talawi Mudik pada Rabu malam (8/5) untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah itu.

Tim dipimpin Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto Hasjoni, Sekretaris Daerah Zamril Firdaus dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) SawahluntoM Syarif.

Wali Kota Deri Asta dalam sambutannya menyatakan tim safari Ramadhan Kota Sawahluntoada 25 tim, akan mengunjungi 75 masjid dan mushala selam tiga hari.

Tujuan Safari Ramadhan selain untuk ajangsilaturahim dengan jamaah, juga untuk menyampaikan informasi pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah kota, dan program yang akan dilaksanakan pada 2019.

Kemudian tim safari Ramadhan juga akan menyerap aspirasi atau menampung masukan, kritikan sehingga terjadi komunikasi dua arah antara Pemerintah KotaSawahlunto dengan masyarakat.

Ia mengimbau masyarakat agar meningkatkan keimanan, karena bulan ini adalah bulan penuh berkah dan melaksnakan shalat berjamaah di masjid maupun mushala, membayar zakat serta memperbanyak infak dan sedekah.

Kepada pengusaha rumah makan dan restoran, warung-warung agar menghormati bulan suci Ramadhan dengan tidak membuka atau bejualan di siang hari, kemudian menjaga ketenangan beribadah dengan tidak membunyikan petasan, meriam bambu dan sejenisnya yang dapat mengganggu ketertiban dan ketentraman.

"Rumah ibadah yang terletak di pinggir jalan agar memasang rambu-rambu dilarang membunyikan klakson, sampaikan ke anak-anak kita waktu memberi uang belanja jangan membeli mercon," ujar dia.

Ia juga menyampaikan Pemerintah Kota Sawahluntosudah menyiapkan delapan rumah tahfiz di empat kecamatan, satu kecamatan ada dua rumah Tahfiz Al Quran.

Untuk bidang ekonomi pada 2019 pemerintah akan membentuk Balai Latihan Kerja untuk pendidikan dan latihan bagi anak-anak Sawahlunto agar menjadi tenaga kerja siap pakai bekerja di perusahaan-perusahaan.

Sektor pertanian dan perikanan Pemerintah Kota Sawahlunto pada 2018 sudah memberikan bibit pinang dan manggis kepada masyarakat, karena menurut data yang diterima masih banyak lahan-lahan yang kosong dan tidak digunakan, kalau ini dimanfaatkan maka sektor ekonomi akan bergerak naik, dan pada 2019 dilanjutkan dengan jumlah yang lebih banyak.

Pada 2019 ini juga pemerintah akan memberikan bantuan bibit ternak, kambing, itik dan ayam, karena dananya terbatas hanya untuk keluarga yang tidak mampu, dan untuk bidang pendidikan akan memberikan penghargaan bagi anak yang berprestasi terutama anak-anak yang kuliah di perguruan tinggi terakreditasi A dan B.

Penghargaan atau 'reward' ini diberikan senilai Rp1 juta per anakper semester, dan untuk anak-anak yang masuk sekolah SD atau lanjut ke SMP dan orang tuanya tidak mampu akan dibantu perlengkapan sekolahnya seperti tas, baju, sepatu dan alat tulis.

Untuk bidang kesehatan pemerintah akan membayarkan premi BPJS bagi warga Sawahlunto yang tidak mampu, pada 2019 ini hampir 10 ribu masyarakat Sawahluntoyang dapat dibayarkan preminya, ini adalah visi misi Deras (Deri Asta Zohirin).

Dalam kunjungan tim Safari Ramadhan ini Pemerintah Kota Sawahluntomemberikan dana hibah untuk pembangunan masjid yang diterima pengurus masjid Taqwa sebesar Rp7,5 juta dan kain sarung untuk GarinMasjid. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar