Pemkot Sawahlunto bangun rumah tahfiz di empat kecamatan

id TSR Pemkot Sawahlunto

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyerahkan bingkisan untuk Garin Masjid  dan memberikan dana hibah untuk pembangunan sebesar Rp7.500 ribu yang diterima pengurus Masjid Nurul Yakin, Kamis malam (9/5). (Antara Sumbar/Taufan Razzak)

Sawahlunto, (ANTARA) - Pemerintah Kota Sawahlunto, SumateraBarat telah membangun delapan Rumah Tahfis di empat kecamatan sebagai sarana bagi anak-anak daerah itu untuk belajar Al Quran lebih mendalam.

"Dari empat kecamatan itu, masing-masing kecamatan ada dua rumah tahfiz," kata Wali Kota SawahluntoDeriAsta di hadapan jamaah Masjid Nurul Yakin daerah setempat dalam rangka safari Ramadhan, Kamis malam (9/5).

Ia menerangkan dengan adanya rumah tahfis dua setiap kecamatan diharapkan dapat meningkatkan kualitas keagamaan anak-anak Sawahlunto,dan mereka ke depan menjadi generasi yang berakhlak mulia.

Pemkot Sawahluntokata dia memang bertekad memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak di daerah itu, bukan hanya pendidikan umum tapi juga pendidikan agama agar mereka tidak terjerumus ke hal-hal negatif nantinya.

Sedangkan untuk mengurangi pengangguran Pemkot Sawahluntotelah membentuk Badan Latihan Kerja (BLK) sebagai tempat mendidik anak-anak dalam angkatan kerja untuk memiliki skillyang dibutuhkan dunia usaha.

"Jika pun mereka belum bisa menembus dunia industri, tapi mereka sudah bisa membuka lapangan kerja sendiri yang pada akhirnya juga memberi peluang pekerjaan bagi masyarakat setempat," kata dia.

BLKini direncanakan dibuka secara resmi pada Juni 2019, sehingga anak-anak ini bisa segera mendapatkan pelatihan yang mereka butuhkan untuk terjun ke dunia kerja.

Ia mengatakan data dari Dinas Tenaga Kerja tingkat pengangguran masyarakat di Sawahlunto sekitar 1.800 orang, ini rata-rata anak yang tamat sekolah menengah atas, dan ini bertambah setiap tahun.

"Semoga adanya BLK ini dapat mengurangi tingkat pengangguran,”kataDeri Asta.

Wako juga mengimbau masyarakat agar pada bulan Ramadhan ini secara bersama-sama berupaya meningkatkan kualitas ibadah terhadap Allah SWTdengan menghidupkan Ramadhan.

Pertama kerjakan puasa Ramadhan dengan baik, kedua laksanakan shalat tarwih berjamaah di masjid dan mushala mulai dari subuh sampai isya, lanjut ke shalat tarwihdan tadarus Al Quran.

Perbanyak infak dan sedekah serta membayar zakat karena bulan ini adalah bulan penuh rahmat sehingga nilainya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Di akhir acara WakoDeri Asta juga menyerahkan bingkisan untuk GarinMasjid dan memberikan dana hibah untuk pembangunan masjid sebesar Rp7.500 ribu yang diterima pengurus Masjid Nurul Yakin. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar