Masjid Nurul Iman Padang sediakan takjil gratis selama Ramadhan

id takjil gratis, masjid nurul iman

Masjid Agung Nurul Iman Padang (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Pengurus Masjid Agung Nurul Iman Kota Padang, Sumatera Barat, menyediakan takjil atau menu buka puasa gratis selama Ramadhan 1440 Hijriah untuk masyarakat yang hendak berbuka di masjid tersebut.

"Setiap hari disediakan 150 paket menu buka puasa, siapa saja boleh menikmatinya," kata Ketua Pengurus Masjid Agung Nurul Iman PadangMulyadi Muslim di Padang, Senin.

Menurut dia program menu buka puasa gratis kembali digelar pada tahun ini yang dibiayai dari sumbangan donatur .

Menu disiapkan sekitar 20 menit menjelang waktu berbuka tiba dan bagi masyarakat yang hendak berbuka tinggal duduk di hadapan paket yang telah dihidangkan pengurus, ujarnya.

Ia menilai karena lokasi masjid yang strategis sehingga kerap menjadi persinggahan warga sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke rumah.

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Kota Padang yang lokasinya berada di pertigaan Jalan Imam Bonjol dan Jalan Thamrin dengan daya tampung jamaah bisa mencapai sekitar 2.000 orang, terdiri atas dua lantai.

Tidak hanya itu, Mulyadi mengatakan selama Ramadhan 1440 Hijriah Masjid Agung Nurul Iman Padang menjadi pusat kegiatan keagamaan dengan sejumlah program, yaitu salat tarawih, ceramah Ramadhan, buka puasa bersama, i'tikaf, santunan anak yatim dan fakir miskin, tahfiz dan kultum Zuhur.

Sebelum buka puasa selalu ada kajian sore yang diisi oleh para ustadz alumni dari Madinah, Mesir dan LIPIA Jakarta.

Kemudian pada tahun ini PMI kota Padang akan mengadakan donor darah setiap malam di Masjid Nurul Iman sesudah salat tarawih. Program ini untuk mengantisipasi kekurangan stok darah ketika bulan Ramadhan oleh PMI, kata dia.

Tidak hanya itu pada Ramadan tahun ini Badan Amil Zakat Nasional Kota Padang kembali menggelar bazar dan pasar murah yang berlokasi di Masjid Agung Nurul Iman.

Selain itu Dinas pendidikan Kota padang bersinergi dengan pengurusMasjid Agung Nurul Iman akan mengadakan Musabaqah Fahmil Quran, lomba penyelenggaraan jenazah antar-SD dan SMP se-Kota Padang serta MTQ antarguru Tingkat SD dan SMP se-Kota Padang.

Ramadhan tahun ini memang banyak peningkatan acara dan program, rencananya kita juga akan mendirikan tenda khusus untuk para pedagang yang sudah menjadi mitra Masjid Agung Nurul Iman, kata dia.

Berikutnya pada 10 malam terakhir Ramadhan Masjid agung Nurul iman mengadakan i'tikaf, dengan fasilitas minuman, snack, dan sahur yang akan disediakan dengan gratis.

Pengurus juga mengadakan Kajian Malam Itikaf agar jamaah semakin semangat untuk mencari malam Lailatul Qadar dan salat tahajud berjamaah pada pukul 03.00 WIB subuh, seusai salat jamaah menyantap sahur bersama, salat subuh berjamaah, dan disudahi dengan Kajian Subuh. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar