Pasaman Barat finalisasi kelengkapan penyusunan dokumen nagari persiapan

id Dokumen nagari persiapan,pemekaran daerah,Bupati Pasaman Barat Syahiran

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat memberikan pengarahan mengenai persiapan finalisasi dokumen nagari persiapan menuju nagari definitif di Simpang Empat, Rabu (1/5/2019) malam.

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mulai menyiapkan finalisasi penyusunan kelengkapan dokumen nagari atau desa persiapan menuju nagari definitif di wilayahnya.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Kamis, memberikan apresiasi kepada Bagian Pemerintah Nagari yang telah bekerja keras dalam proses penataan nagari di Pasaman Barat.

Saat ini Pasaman Barat telah melakukan penataan nagari sebanyak 72 nagari ditambah nagari induk 19, sehingga total seluruhnya 92 nagari.

"Semoga dalam waktu secepatnya penataan nagari di Pasaman Barat dapat terealisasi," ujarnya.

Ia mengajak kepada seluruh wali nagari induk dan pejabat wali nagari persiapan, dapatmenjalin komunikasi dengan camat sebagai garda terdepan pemerintahan di tingkat kecamatan.

"Jangan sampai ada perpecahan di antara kita sehingga tidak terdapat kendala dalam menyelesaikan proses penataan nagari ini," harapnya.

"Mudah-mudahan finalisasi penyusunan dokumennya segera siap sehingga nagari persiapan bisa menjadi nagari definitif," katanya.

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintah Nagari Sekretariat Daerah Pasaman Barat, Jon Wilmar mengatakan kegiatan finalisasi penyusunan seluruh kelengkapan dokumen dilakukan sesuai Permendagri Nomor 1 tahun 2017 tentang Penataan Desa.

Ia mengharapkan dengan kegiatan ini seluruh syarat yang diminta oleh Pemerintah Provinsi dan Kementrian Dalam Negeri dalam proses pemekaran pemerintahan nagari bisa terpenuhi dan selesai.

"Jika finalisasi ini siap maka akan diajukan kepada Pemprov Sumbar dan Kemendagri agar bisa mendapatkan kode register untuk menjadi nagari definitif," katanya.

Finalisasi penyusunan kelengkapan dokumen nagari persiapan ini dihadiri oleh seluruh wali nagari induk dan wali nagari persiapan yang dilaksanakan di Kota Padang pada Rabu (1/5) sampai Jumat (3/5). (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar