PKM Unand, Penyusunan Dokumen Rencana Usaha Itik Pitalah, Di Nagari Surian, Kabupaten Solok

id Pkm Unand,itik pitalah

PKM Unand, Penyusunan Dokumen Rencana Usaha Itik Pitalah, Di Nagari Surian, Kabupaten Solok

PKM Unand, Penyusunan Dokumen Rencana Usaha Itik Pitalah, Di Nagari Surian, Kabupaten Solok. (ANTARA/PkM Unand)

​​Arosuka (ANTARA) - Dalam sebuah usaha apapun jenisnya dokumen perencanaan usaha diperlukan untuk mengejar capaian target pada produksi.

Hal ini juga berlaku bagi usaha peternakan seperti budidaya ternak itik Pitalah yang merupakan jenis hewan dikategorikan sebagai plasma Nutfah Sumbar.

Meskipun demikian banyak peternak yang berpendapat tidak perlu menyusun rencana usaha dikarenakan sebagian besar belum memahami pola atau sistemnya serta mengandalkan pengalaman yang sebelumnya.

Akibatnya banyak peternak yang kurang berkembang dalam usaha ternak itik tersebut khususnya dalam hal pemasaran dan produktivitas.

Hal inilah yang menggugah tim Pengabdian Kepada Masyarakat Unand yang yang diketuai oleh Linda Suhartati, S.Pt., M.Si., dan anggota yaitu Dr. Ir. Tertia Delia Nova, M.Si., Tevina Edwin, S.Pt., M.Si. dan Qurata Aini, S.Pt., M.Si yang didukung oleh LPPM Universitas Andalas untuk memberikan sharing ilmu terkait dengan penyusunan dokumen rencana usaha yang dilaksanakan secara daring.

Kegiatan dilaksanakan ini dengan mengundang peternak Itik Pitalah yang ada di Nagari Surian secara daring kemudian diberikan materi dan arahan yang dilanjutkan dengan diskusi antara tim PKM dan peternak.

Dalam kegiatan itu tim menekankan bahwa sebuah dokumen perencanaan usaha berguna sebagai acuan bagi pengusaha nantinya dalam melaksanakan usaha agar dapat bertahan dari berbagai kendala yang datang.

Pada beragam usaha yang dijalankan, baik itu kecil maupun besar, sebuah dokumen perencanaan usaha tetap dibutuhkan. Tidak terkecuali dengan Usaha Itik Pitalah yang dijalankan oleh peternak di Nagari Surian.

Dalam hal ini model dokumen perencanaan usaha yang dipilih yakni Dokumen bisnis model canvas. Pemilihan Bisnis model canvas (BMC) ini sendiri dikarenakan cara pembuatannya yang mudah akan tetapi sudah mencakup semua hal fundamental yang dibutuhkan dalam sebuah usaha, diantaranya Segmen pelanggan, proporsi nilai konsumen, saluran pemasaran, sumber pendapatan, sumber daya, hubungan dengan konsumen, aktivitas yang dijalankan perusahaan, kerjasama, dan struktur biaya.

Kesembilan hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting diketahui dalam menjalankan usaha.

Hal ini mengindikasikan bahwa penyusunan dokumen perencanaan usaha cukup dibutuhkan , karena membantu dalam memberikan gambaran singkat tetntang usaha yang dijalankan dan mengurangi resiko dalam menjalankan usaha. Sebab akan memiliki pencatatan yang di dalamnya telah tertuang semua yang dibutuhkan oleh sebuah usaha untuk dapat beroperasi.

Diharapkan dengan diberikannya sharing ilmu tentang dokumen perencanaan usaha ini dapat membantu pengusaha peternakan itik Pitalah di Kenagarian Surian dalam menjalankan usahanya. Sehingga nanti dengan adanya dokumen tersebut kendala-kendala yang dihadapi oleh pengusaha itik pitalah di Kenagarian Surian ini bisa lebih cepat teratasi.

Penulis,

Tevina Edwin, S.Pt., MP

Tim PKM Faterna Unand

2021