Dinas Pertanian gelar pelatihan internal wujudkan tertib arsip

id arsip

Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung mengadakan pelatihan di kantor sendiri (In House Training) tentang pengelolaan dan penataan arsip dinamis bagi seluruh pegawainya, guna terwujudnya pengelolaan arsip yang profesional, efektif dan akurat pada setiap bidang yang ada. (ist)

Muaro (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung mengadakan pelatihan di kantor sendiri (In House Training) tentang pengelolaan dan penataan arsip dinamis bagi seluruh pegawainya, guna terwujudnya pengelolaan arsip yang profesional, efektif dan akurat pada setiap bidang yang ada.

Dengan menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten dan Provinsi sebagai narasumber, pelatihan pengelolaan dan penataan arsip dinamis tersebut berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (4-5) bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung.

Kepala Dinas Pertanian Ronaldi saat membuka kegiatan pelatihan, menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan dan keterampilan seluruh pegawai Dinas Pertanian di bidang kearsipan.

Terkait arsip merupakan sesuatu yang terus tumbuh dan berkembang selama instansi itu ada dan melakukan kegiatan khususnya administrasi.

"Jika tidak dikendalikan, maka arsip tersebut hanya akan menjadi tumpukan kertas maupun gambar-gambar yang tidak mempunyai nilai guna atau manfaat,"ujarnya.

Tentu melalui pembekalan ini, tambahnya diharapankan akan terwujudnya penataan arsip yang baik dan benar sesuai kaidah kearsipan dengan melakukan penyimpanan informasi secara sistematis agar dapat terpelihara dengan baik.

Selain itu, melalui penataan seingga mudah ditemukan ketika suatu saat nanti dibutuhkan, sehingga dapat membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan dalam mencapai tujuan.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Pertanian Rika Nursanti menambahkan peralatan untuk penataan arsip seperti filing cabinet yang ada di setiap bidang sebaiknya dimanfaatkan secara efektif untuk penataan arsip.

Dengan tertib arsip dapat membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat ataupun untuk keperluan intern Dinas yang bersangkutan karena arsip merupakan pusat ingatan bagi kegiatan dalam suatu kantor.

"Tanpa arsip, tidak mungkin seorang dapat menginggat semua catatan dan dokumen secara lengkap”, tambahnya.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan itu Kepala Seksi Pembinaan Sistem Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Suhermanto dan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumbar Kiswati.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar