Universitas Baiturahmah Wisuda 114 Mahasiswa

id Wisuda

Universitas Baiturahmah  Wisuda 114 Mahasiswa

Wisuda Universitas Baiturahmah Padang. (ANTARA SUMBAR/ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) UniversitasBaiturrahmah (Unbrah) resmi mewisuda sebanyak 114 mahasiswa pada Rapat Senat Terbuka Wisuda ke 69 Unbrah di Gedung Auditorium Kampus Aie Pacah Padang, Sabtu 23 Februari 2019.

Dari 114 lulusan tersebut terdiri atas 27 lulusan Sarjana Ekonomi (SE) Prodi Manajemen, 24 lulusan profesi dokter gigi (drg) Prodi Fakultas Kedokteran Gigi, 10 lulusan Sarjana Kedokteran (S.Ked) dan 53 lulusan profesi dokter (dr) Fakultas Kedokteran.

Dengan jumlah ini alumni Unbrah bertambah menjadi 11.629 orang dari sebelumnya sebanyak 11.401 orang sejak berdiri hingga tahun ini. Dengan rincian dari Fakultas Ekonomi 734 orang, Fakultas Kedokteran Gigi dengan Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) 1.603 orang serta profesi dokter gigi (drg) sebanyak 1.362 orang. Kemudian Fakultas Kedokteran dengan Sarjana Kedokteran (S.Ked) 2.852 orang dan profesi dokter (dr) sebanyak 2.261 orang. Fakultas Kesehatan Masyarakat telah memiliki alumni 1.035 orang, Jurusan Kebidanan sebanyak 1.016 orang dan Jurusan Radiologi sebanyak 652 orang.

Pada wisuda itu juga disebutkan nama lulusan terbaik berdasarkan fakultas masing-masing yakni dari Fakultas Ekonomi atas nama Chandra Syahputra, SE, dari dokter gigi atas nama drg. Nisaummahmudah, dari lulusan pendidikan dokter atas nama Miftahul Rahmi, S.Ked, dari lulusan profesi dokter atas nama dr. Wisely Charisma Pendar.

Sementara itu kegiatan rapat wisuda ke 69 Unbrah dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS yang didampingi oleh Kepala LLDikti wilayah X Prof. Dr. Herri, SE, MBA.

Hadir dalam rapat tersebut ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah H Amran Sutan Sidi Sulaiman beserta Istri Hj. Maizarnis serta beberapa tamu undangan dari dinas kesehatan serta kampus swasta yang ada di Padang.

Rektor Unbrah dalam sambutannya menyebutkan beberapa pencapaian yang telah diraih Unbrah hingga 2019. Pertama dalam bidang mahasiswa, KSR PMI unit Unbrah mendapat penghargaan dari PMI sumbar karena kontribusinya dalam melaksanakan donor darah dua kali dalam setahun. Kedua raihan prestasi mahasiswa dalam bidang MTQ di Sumbar dan olahraga tarung derajat serta raihan peringkat terbaik kedua di bidang usaha atau entrepreneurship award kedua. Ketiga dalam hal prestasi akademik yakni adanya dua mahasiswa yang mengikuti "student exchange" ke Mesir dan Barcelona Spanyol. Di bidang sosial, BEM KM Unbrah juga memperoleh penghargaan dari dompet dhuafa atas partisipasinya di kegiatan mengumpulkan sumbangan untuk korban bencana Palu dan Donggala.

Keempat dalam bidang akademik, tiga dosen Unbrah memperoleh predikat sebagai auditor mutu tingkat nasional. Kelima, lulusan FKG Unbrah mendapat nilai terbaik di Sumbar dan Jambi pada tes CPNS lalu. Keenam, dalam bidang kerja sama juga Unbrah menjalin kesepakatan dengan berbagai kampus luar negeri guna meningkatkan mutu. Bahkan saat ini ada dosen Unbrah yang tengah melanjutkan sekolah di Jepang, Taiwan dan Malaysia.

Atas capaian tersebut rektor berpesan kepada lulusan untuk menjaga nama baik almamater serta terus ikut mengembangkan ilmu yang dimiliki ke arah yang bermanfaat.

Senada Kepala LLDikti Prof. Dr. Herri, SE, MBA juga menekankan kepada lulusan mahasiswa untuk memperkuat peranannya dalam memajukan pendidikan tinggi di Indonesia. Menurut Kepala LLDikti saat ini ada 4.500 perguruan tinggi di Indonesia 80 persen merupakan swasta. Artinya dari 7 juta mahasiswa saat ini sekitar 4,5 juta merupakan mahasiswa swasta.

Khusus Unbrah capaian akreditasi B institusi menjadi peluang untuk jadi lebih unggul yakni mendapat nilai A. tinggal saja memperkuat mutu secara menyeluruh dan konsisten dalam menghasilkan lulusan yang berkompeten.

Diakhir sesi acara dilaksanakan foto bersama antara wisudawan/ti setiap fakultas dengan anggota senat, Ketua Yayasan dan Kepala LLDikti X.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar