Gambir Pesisir Selatan Rp20 ribu per kilogram

id gambir,pesisir selatan,harga komoditi

Petani gambir asal Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan menjemur gambir hasil produksi mereka. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra) (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra/)

Painan,(Antaranews Sumbar) - Harga komoditi gambir basah di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengalami kenaikan dari Rp19 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga terjadi hari ini, sementara beberapa pekan sebelumnya harga gambir basah hanya Rp19 ribu per kilogram," kata pedagang pengumpul Gambir di Sutera, Dulhendri (30) di Painan, Sabtu.

Ia menambahkan, naik turunnya harga gambir ditentukan oleh beberapa pedagang besar di Kota Padang, tempat ia biasa menjual gambir.

Selanjutnya ia menyesuaikannya ketika akan membeli gambir ke petani, dalam sehari ia biasanya membeli gambir sebanyak 500 sampai 800 kilogram.

Setelah itu gambir-gambir tersebut akan dikelola di gudang penyimpanan, selain dijemur setiap hari selama di gudang gambir juga di kipas agar cepat kering.

Penjemuran dan pengeringan paling cepat dilakukan selama dua minggu, setelah itu gambir di bawa ke Kota Padang untuk dijual.

Paling lama sekitar tiga hari ia biasanya telah menjual lebih kurang dua ton gambir kering.

"Jika kering harga gambir akan lebih mahal, saat ini gambir kering dihargai Rp40 sampai Rp42 ribu per kilogram, namun proses pengeringannya membutuhkan waktu dan biaya, makanya rata-rata petani menjualnya dalam keadaan basah," katanya lagi.

Selain dirinya terdapat puluhan pedagang pengumpul lain di kecamatan setempat, mereka membeli gambir basah dengan harga yang tidak berbeda antara satu dan lainnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Andi Masri mengatakan harga gambir di daerah itu tidak bisa dipastikan, pada waktu tertentu bisa anjlok serta juga bisa naik signifikan.

Tanaman gambir dikembangkan di Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batang Kapas, Sutera, Lengayang dan Ranah IV Hulu Tapan.

Pada 2017, luas lahan gambir secara keseluruhan mencapai 14.313 hektare dengan total produksi sebanyak 6.798,6 ton.*

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar