LLDIKTI : dua PTS Sumbar miliki program studi kewirausahaan

id LLDiktiwilayahx,sumbar,perguruantinggiswasta

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X Prof Herri. (Ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X mengatakan dua perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat telah memiliki program studi kewirausahaan yakni Universitas Baiturrahmah dan Universitas Tamansiswa

Kepala LLDikti Prof Herri di Padang, Rabu, mengatakan Universitas Tamansiswa baru mendapat izin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membuka program studi baru yakni program kewirausahaan untuk jenjang strata satu.

Menurut dia perguruan tinggi harus terus berupaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa mereka walaupuntidak ada program studi khusus kewirausahaan, setidaknya ada mata kuliah untuk itu.

Tujuannya jelas, lanjut dia yaitu untuk memacu kreatifitas dan keberanian mahasiswa untuk berwirausaha sehingga mereka tidak hanya terfokus mencari kerja sebagai karyawan perusahaan atau aparatur sipil negara selepas lulus nantinya.

“Kita semua berharap kata Kepala Lembaga agar perguruan tinggi dapat berperanmenumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa,” ujar dia.

Dirinya mengatakan saat ini lapangan pekerjaan sangat terbatas dan dengan mengembangkan jiwa kewirausahaan sebagai upaya memfasilitasi dan menciptakan peluang bagi mahasiswa.

Ia menyebutkan dari data statistik terlihat jelas bahwa dari empat juta orang yang melamar menjadi aparatur sipil negara hanya sekitar 238 ribu orang yang diterima atau jumlahnya sekitar enam persen.

“Sangat kecil kemungkinan tersebut, terus mereka yang tidak lulus akan bekerja apa. Ini yang menjadi pertanyaan kita bersama. Melalui kewirausahaan, pihak kampus berupaya memfasilitasi mahasiswa menjadi pengusaha-pengusaha muda,” katanya.

Ia mengatakan Indonesia memiliki sumber daya alam yang besar dan bangsa ini harus memanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat.

Dirinya mengimbau agar perguruan tinggi turut memotivasi mahasiswa untuk ikut berkompetisi dalam Entrepreneurship Award III tahun 2019 yang rencananya akan diselenggarakan di Kepulauan Riau.

“Ayo, kirimkan proposal kewirausahaan mahasiswa untuk masing-masing kategori yakni rencana bisnis dan usaha berjalan,” kata dia. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar