Pemberian makan harimau di TMSBK jadi tontonan menarik pengunjung

id TMSBK Bukittinggi,Harimau Sumatera,Pemberian Makan Harimau Sumatera

Dua ekor harimau sumatera di TMSBK berebut daging ayam yang diberikan penjaga melalui kawat yang terhubung dengan katrol. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Pemberian makanan bagi Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK), Bukittinggi, Sumatera Barat, menarik perhatian pengunjung objek wisata itu.

Para pengunjung yang sedang mengisi libur akhir tahun di Bukittinggi, Kamis, menyaksikan proses pemberian makan harimau dengan menonton dari semua sisi pagar kandang kucing besar tersebut.

Pengunjung juga berebut mengabadikan pemberian makan menggunakan kamera ponsel. Sesekali bersorak ketika harimau melompat dan berhasil menjangkau makanan yang diberikan secara digantung lalu digerakkan menuju harimau memakai katrol.

Penjaga (keeper) harimau, Ardi mengatakan pemberian makan satwa yang terancam punah tersebut dilakukan dua kali sehari dengan menu diselang-selingi setiap harinya.

"Jika hari ini ayam maka besok daging, begitu seterusnya. Tiap hari makan dua kali yaitu pagi dan sore masing-masing dua kilogram," jelasnya.

Makan pagi diberikan sebagai asupan tenaga untuk rutinitas setiap hari sementara makan sore hari untuk memancingnya agar bergerak karena makan diberikan dengan cara digantung pada tali lalu diarahkan menuju harimau memakai katrol.

Seorang pengunjung Rully Hardi (25) mengatakan dalam beberapa kali kunjungan ke kebun binatang baru kali ini mendapati aktivitas pemberian makan harimau.

"Ada empat ekor di kandang ini. Seru juga melihatnya makan. Setelah satu melompat dapat ayam lalu yang lain berlarian mengejar seekor yang sudah dapat ayam," ujar warga Kota Padang ini.

Pemberian makan, menurutnya sekaligus sebagai edukasi bagi anak-anak melihat gerak harimau berlarian dan melompat karena sebelumnya hanya melihat harimau berdiam atau sekadar berjalan-jalan di kandang.

TMSBK saat ini dihuni oleh 11 ekor harimau sumatera yang terdiri dari tujuh ekor betina dan empat ekor jantan.

Dua ekor di antaranya yaitu satu jantan dan satu betina adalah penghuni baru di TMSBK yang lahir pada 16 Desember 2018 pagi.

TMSBK merupakan lembaga konservasi sekaligus salah satu objek wisata utama di Bukittinggi. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar