Rizal Falepi ajak masyarakat cegah berkembangnya ideologi selain Pancasila

id Riza Falepi,Hari Bela Negara,Ideologi Pancasila

Rizal Falepi ajak masyarakat cegah berkembangnya ideologi selain Pancasila

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi, mengajak masyarakat daerah itu mencegah berkembangnya ideologi selain Pancasila dalam menjaga kedaulatan bangsa agar tetap bertahan.

"Ancaman negara saat ini tidak lagi dalam bentuk fisik semata tetapi lebih bersifat non fisik, seperti ideologi selain Pancasila, politik, ekonomi, dan sosial budaya, " ujarnya, usai memperingati Hari Bela Negara di Bukit Sitabur, Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan pada Hari Bela Negara (HBN) harus dijadikan momentum untuk mulai memahami kembali apa yang dimaksud dengan bela negara.

"Definisi bela negara sekarang adalah mengantisipasi ancaman atas kedaulatan bangsa yang tidak lagi bersifat konvensional atau fisik semata," ujarnya.

Ia menyebutkan, salah satu bentuk bela negara masa kini adalah perlawanan terhadap korupsi, narkoba, dan berbagai bentuk penyakit masyarakat.

"Inilah yang kemudian menjadi salah satu dasar Pemkot Payakumbuh melakukan deklarasi tolak segala bentuk penyakit masyarakat beberapa waktu lalu. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya kita melakukan aksi bela negara," terangnya.

Menurutnya pemerintah bersama masyarakat perlu melakukan tindakan pencegahan yang lebih luas lagi sehingga kedaulatan bangsa tetap bisa dipertahankan.

Wali Kota juga berpesan kepada seluruh masyarakat di daerahnya untuk memanfaatkan hak pilih pada pemilihan umum (pemilu) 2019 nanti.

"Sebagai warga negara yang baik dan sudah memiliki hak pilih, marilah kita gunakan hak pilih kita nantinya pada 2019 nanti, karena dari pemilihan umum ini kita menata kehidupan agar berlangsung dalam suasana yang lebih baik," jelasnya.

Ia mengharapkan warga Payakumbuh bisa menjalani proses pemilu dengan tertib, aman dan tidak mudah termakan oleh provokasi berbagai pihak yang ingin membuat gaduh.

"Kita bersama bertekad menyelenggarakan pemilu dalam semangat persaudaraan. Menggunakan hak pilih pada pemilu juga bagian dari upaya bela negara karena NKRI ini akan kokoh dan besar ketika memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bersama," ujarnya.

Peringatan hari bela negara ke-70 di Payakumbuh diisi dengan napak tilas bela negara dan lintas alam bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan menghadirkan artis nasional, Olivia Zalianty yang ikut melaksanakan kegiatan bela negara. ***2***