Prodi TP UNP bersiap jadi "rumah" para guru

id UNP

Dekan FIP UNP Dr. Alwen Bentri (Ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Program studi (Prodi) Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Negeri Padang bersiap untuk menjadi "rumah" para guru dalam berbagai sistem pembelajaran daring atau online di era revolusi industri 4.0.

"Prodi TP memang menjadi wadan stategis dalam penerapan sistem pembelajaran online. Ke depan bisa selalu berbagi dengan para tenaga pengajar tentang sistem e-learning," kata Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNP Dr. Alwen Bentri.

Hal ini juga disampaikannya sesuai seminar nasional di Aula FIP yang mengusung tema "Mempersiapkan tenaga Pendidik menghadapi era revolusi industri 4.0 dan pembelajaran online, pada 29 September 2018.

Ia mengatakan, sesuai arahan disampaikan Wakil Rektor IV Syahrial Bakhtiar ke depan jurusan TP bisa jadi rumah guru guru di era revolusi industri ini.

Terkait penerapan dan implementasi sistem pembelajaran daring masih berkutat dalam kampus, tentu ke depan harus ditularkan kepada tenaga pengajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

Alwen menyatakan, Prodi TP merupakan jurusan yang tepat untuk menjawab tuntutan dari revolusi industri 4.0. Selama ini sudah menyiapkan disain bentuk aplikasi dan metodologi pembelajaran.

Apalagi, FIP sejak awal tahun ini sudah menerapkan sistem pembelajaran e-learning untuk tahap awal 28 mata kuliah.

"Nanti tentu kami duduk bersama dengan Rektor dan unsur lainnya, seperti apa bentuk layanan untuk para guru dalam berbagi pengetahuan tentang pembelajaran online tersebut," ujarnya.

Sejalan dengan itu, kata dia, proses pembelajaran bagi para dosen di FIP terus berlangsung, karena sudah ada dosen yang sudah mendapatkwn kompetensi di bidang tersebut.

Selain itu, FIP juga mengirim dosen dan mahasiwa belajar ke Universitas Terbuka (UT) dalam memahami pembelajaran online tersebut, karena sudah ada kerja sama dengan pihak kampus UNP.

"Dosen yang pembekalan atau belajar ke UT bertahap, paling sepekan dan diganti pula dengan yang lain" ungkap Alwen.

Dalam peningkatan kompetensi tenaga pendidik, salah satunya melalui seminar dengan mendatangkan para ahli dan pakar tentang pembelajaran di era revolusi industri 4.0.*

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar