Pusat komando perkembangan pembangunan diresmikan Gubernur Sumsel

id alex noerdin

Pusat komando perkembangan pembangunan diresmikan Gubernur Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. (Antara)

Pusat komando ini akan menjadi ruangan pusat pengendali data melalui jaringan,
Palembang, (Antaranews Sumbar) - Pusat komando untuk memantau perkembangan pembangunan daerah terkini, dengan dukungan teknologi informasi diresmikan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di Palembang, Jumat.

Pusat komando ini akan menjadi ruangan pusat pengendali data melalui jaringan, katanya usai meresmikan Pusat Komando Pemerintah Provinsi Sumsel itu.

Lebih lanjut dia mengatakan, jadi salah satu fungsi pusat komando antara lain dapat memonitor perkembangan terkini pembangunan daerah atau ruang monitor.

Keberadaan pusat komando itu, membuat pihaknya lebih mudah melihat perkembangan daerah baik dalam segi pembangunan maupun kendala yang dihadapi.

Pihaknya mengapresiasi kerja keras dari Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel yang memprakarsai pembangunan Sumsel Command Center, dan dapat diselesaikan hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Menurut dia, adanya pusat komando menjadikan pihaknya bisa mengendalikan provinsi ini dengan dukungan teknologi informasi.

Selain itu, pihaknya juga dapat berkomunikasi dengan 17 bupati dan wali kota sekaligus dapat melihat kondisi in real time di lokasi. Begitu juga bila terkoneksi dengan satelit, maka akan dapat melihat progres pembangunan Sumsel seperti pembangunan jembatan, dan juga mengontrol titik-titik api, ujar Alex pula.

Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Sumsel Inanda Karina mengatakan, pusat komando ini merupakan langkah awal mewujudkan Sumsel sebagai 'smart province' untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat.

"Command center untuk memenuhi tuntutan masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat dan modern, sehingga pemerintah harus dapat menyiapkan layanan internal maupun eksternal dengan sistem yang efektif, responsif, dan modern," katanya.(*)