Balitbu canangkan Matur Mudik sebagai Nagari Inovasi

id balitbu

Balitbu canangkan Matur Mudik sebagai Nagari Inovasi

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan bibit alpukat kepada Bupati Agam Indra Catri di Solok, Selasa (28/8). (Antara Sumbar/istimewa)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika Solok mencanangkan Matur Mudik di Kabupaten Agam sebagai Nagari Inovasi dalam pengembangan pertanian.

"Untuk pembangunan Nagari Inovasi ini, Balitbu Tropika akan mendistribusikan sebanyak 500-1.000 benih tanaman alpukat," kata Kepala Balitbu Tropika Dr Elina Mansyah di Solok, Selasa pada kegiatan serah terima benih tanaman hortikultura dan perkebunan serta pencanangan nagari inovasi di Sumbar.

Menurutnya berdasarkan keberhasilan Balitbangtan membangun pertanian di Sumbar, maka dicanangkan kegiatan untuk membangun Nagari Inovasi secara komprehensif, tidak hanya menggerakkan pertanian tapi juga memasukan unsur kelembagaan dan wisata yang dikelola secara bersama.

Beberapa nagari binaan Balitbu Tropika telah berkembang seperti Nagari Latang Kabupaten Sijunjung dengan produk Garci Tea, Nagari Selayo dengan buah dan benih pisang Kepok tanjung, aneka olahan pisang, kompos limbah batang pisang (Basteco).

Ia menyampaikan untuk menjaring potensi buah unggulan lokal, Balitbu Tropika sudah melakukan lomba alpukat unggul Sumbar. Selama acara lomba telah dinilai 12 jenis/aksesi alpukat unggul yang dikirimkan oleh masyarakat.

Panitia lomba telah menetapkan tiga jenis/aksesi alpukat unggulan yaitu dari Harau Lima puluh Kota, Salimpaung Tanah Datar dan Pasaman Barat.