Gubernur berharap kegiatan porbank perkuat koordinasi perbankan

id Perbankan

Gubernur berharap kegiatan porbank perkuat koordinasi perbankan

Penutupan kegiatan Porbank 2018 yang diselenggarakan BMPD Sumbar, di pelataran Kantor Perwakilan BI Sumbar, Padang. ANTARASUMBAR/ (Fathul Abdi)

Padang, (AntaranewsSumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, meminta kegiatan Pekan Olahraga Bank (Porbank) 2018 yang digelar Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumbar, bisa memperkuat koordinasi antara Bank Indonesia dengan bank-bank yang ada di daerah setempat.

"Melalui kegiatan ini akan terjalin keakraban serta komunikasi yang baik antar pegawai bank daerah serta BI. Koordinasi yang baik itu harus jadi jembatan menyelesaikan setiap urusan terkait perbankan," kata Irwan Prayitno, di Padang, Minggu.

Hal itu dikatakannya usai menutup kegiatan Porbank 2018 BMPD di pelataran Kantor Perwakilan BI Sumbar.

Ia mengatakan beberapa urusan itu seperti masalah keuangan, administrasi, ataupun yang berkaitan dengan peraturan perbankan.

Koordinasi yang baik antar bank daerah serta bank sentral itu secara tidak langsung dinilai berdampak pada masyarakat.

"Koordinasi yang terjalin antara bank-bank daerah serta BI, tentu memudahkan pelayanan masyarakat terkait Perbankan. Sebut saja untuk pengurusan kliring," katanya.

Ia juga meminta BMPD sebagai organisasi bank itu terus membina keharmonisan, dan mengusung program-program positif yang berguna bagi masyarakat.

Sementara Ketua BMPD Sumbar sekaligus Kepala Perwakilan BI Sumbar Endy Dwi tjahjono, mengatakan beragam kegiatan yang digelar BMPD demi menggalang kebersamaan pegawai perbankan Sumbar.

BMPD juga diharapkan menjadi wadah kerjasama perbankan, berbagi informasi, serta tempat menyampaikan jika ada ketentuan baru mengenai yang perbankan.

"Intinya ini demi memajukan daerah Sumbar, kami berharap bank-bank daerah bisa maju bersama. Bisa meningkatkan persaingan dengan cara yang sehat dan sesuai aturan," katanya.

Sebelumnya, Pekan Olahraga (Porbank) 2018 diselenggarakan sejak 28 Juli-26 Agustus, dan diikuti pegawai dari 29 bank. Di antaranya BI, BRI, Mandiri, BNI, Bank Nagari, dan lainnya.

Ada enam cabang olahraga yang dilombakan yaitu pertandingan futsal putra, futsal putri, bulu tangkis, voli, tenis meja, tenis lapangan, dan domino.

Rangkaian lomba tersebut ditutup dengan kegiatan sepeda santai pada Minggu (26/8) pagi.

Selain Porbank, organisasi BMPD juga bakal menggiatkan kegiatan lain di bidang sosial, pendidikan, keagamaan, dan lainnya.*