Fakultas Teknik Unand inisiasi kerja sama dengan perguruan tinggi Canada

id unand, teknik

Dekan Fakultas Teknik Unand Insannul Kamil (tiga dari kanan) saat menyepakati rancangan kerja sama dengan Universite Laval Canada. Antara Sumbar/istimewa.

Padang, 18/8 (Antara)- Fakultas Teknik Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat menginisiasi kerja sama dengan Universite Laval Canada dalam rangka pengembangan inovasi dan transformasi pendidikan tinggi 4.0 yang serba digital.

Dekan Fakultas Teknik Unand Insannul Kamil di Padang, Minggu mengatakan selain bertujuan untuk memacu kinerja akademik dan pertumbuhan universitas, kerja sama juga untuk mendoorong Unand terus bertumbuh, berinovasi dan berprestasi.

Menurut Insannul, tahap kerja sama dengan pihak Universitas Laval, Canada ini sedang memasuki tahap kesepakatan penyusunan Perjanjian Kerja Sama Akademik.

"Begitu perjanjian ini ditandatangani, berarti kerja sama sudah efektif untuk secara bersama-sama dijalankan," kata dia saat menyepakati rancangan poin kerja sama dengan Prof Hendra Hermawan dari pihak Universite Laval, Canada.

Ia berharap 2019 kerja sama sudah mulai berjalan.

Perjanjian kerja sama akademik dengan Universitas Laval, Canada meliputi pertukaran tenaga pengajar dan mahasiswa, penelitian bersama, seminar dan konferensi hingga publikasi ilmiah,

Insannul menambahkan jangka waktu perjanjian ini berlaku selama lima tahun.

Karena menyangkut perjanjian, maka penyusunan perjanjian kerja samamenentukan hak dan kewajiban masing-masing pihak, termasuk masalah keuangan.

Ia berharap perjanjian ini bisa berjalan sesuai dengan ketetapan yang disepakati.

Apalagi berdasarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia yang dilakukan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Unand masuk 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Keberhasilan ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Berbagai indikator digunakan untuk menentukan peringkat perguruantinggi termasuk diantaranya akreditasi internasional dan kerja sama akademik dengan perguruan tinggi luar negeri, kata dia.

Turut hadir dalam penjajakan kerja sama Wakil Dekan I bidang akademik Fakultas Teknik Unand Prof Gunawarman dan dosen Fakultas Teknik Unand jurusan Teknik Mesin Dr Oknovia Susanti.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar