5 tips bikin tidur nyenyak dan berkualitas

id tidur,tips tidur nyenyak

FOTO ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra/11

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Tidur merupakan salah satu cara manusia untuk beristirahat. Namun tidur nyenyak kadang sulit diperoleh sehingga pola istirahat menjadi terganggu, kemudian berdampak pada keletihan tubuh saat menghadapi rutinitas keesokan harinya.

Salah satu dokter tidur terkemuka dari Amerika Serikat yakni Dr. Michael Breus membagikan lima tips bagaimana agar bisa tidur nyenyak berikut ini, seperti dirangkum Antara dari rilis "Tips Tidur Nyenyak" Princess Cruises.

1. Kenali dan tetapkan satu jadwal tidur

Langkah awal agar bisa tidur nyenyak secara teratur setiap hari adalah dengan mengenali dan menetapkan satu jadwal tidur. Ini perlu dilakukan agar waktu tidur memiliki ritme yang teratur sehingga jam biologis serta fungsi tubuh akan tersesuaikan dan berjalan lancar.

2. Nikmati sinar mentari pagi

Tips lainnya agar dapat tidur dengan nyenyak adalah dengan bangun di pagi hari untuk menikmati sinar mentari pagi selama 15 menit.

Langkah ini penting dalam membantu mengatur produksi hormon melatonin atau tidur, melancarkan jam tubuh internal selama 24 jam, dan membantu tubuh terkena pola terang dan gelap secara teratur.

3. Hindari kafein mulai pukul dua siang

Minuman berkafein, seperti kopi dan minuman energi memiliki efek stimulan selama 8 jam dan ini berarti mencegah Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak serta berkualitas. Kalau bisa usahakan untuk menghindari minuman berkafein mulai jam dua siang agar bisa tidur dengan nyenyak.

4. Rutin berolahraga

Tips berikutnya agar bisa tidur dengan nyenyak adalah dengan rutin berolahraga setiap harinya. Tidak perlu pergi ke gym atau lari marathon jarak jauh, cukup dengan melakukan olahraga-olahraga sederhana seperti berjalan kaki ke kantor bisa membantu mendapatkan tidur nyenyak.

5. Stop Olahraga empat jam sebelum tidur

Olahraga memang dianjurkan untuk membantu tidur dengan nyenyak, tapi jangan juga melakukannya empat jam menjelang waktu tidur. Selain membuat susah tidur, kebiasaan ini juga menunjukkan ketidakdisiplinan dalam berolahraga. Ada baiknya berolahraga paling lambat pada siang hari. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar