Forum KUI 2018, ajang tukar strategi hadapi internasionalisasi kampus

id Forum KUI

Forum Kantor Urusan Internasional Indonesia (KUI) ketiga 2018 (Antara sumbar/M R Denya)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Forum Kantor Urusan Internasional Indonesia (KUI) 2018 yang digelar di Padang 12 hingga 14 Juli menjadi ajang pembahasan upaya internasionalisasi kampus dalam negeri.

"Gelaran forum KUI yang ketiga ini menjadi ajang bagi akademisi yang berkecimpung pada urusan internasional memunculkan inovasi dan pemikiran ke arah penguatan tersebut," kata Wakil Rektor Universitas Andalas (Unand) bidang kerja sama Dr Endry Martius saat membuka kegiatan Forum KUI 2018 di kampus Unand Padang, Kamis.

Dia menyebutkan adanya arahan dan misi dari Kemenristekdikti dalam memperkuat kualitas kampus di Indonesia dapat bersaing dengan perguruan tinggi di luar negeri menjadikan forum tersebut penting.

Khususnya dalam memperkuat kerja sama dengan kampus asing guna meningkatkan kualitas tersebut.

Artinya forum ini membicarakan dan ajang berbagi tentang strategi, teknis dan pemikiran akademisi dalam menyukseskan kerja sama internasional dengan kampus atau instansi asing.

Tercatat ada 150 peserta yang ikut dalam seminar paralel yang diselenggarakan di Padang dan Bukittinggi.

Hasil dari pemikiran tersebut kata Endry, akan menjadi rekomendasi kepada Kemenristekdikti dalam memunculkan kebijakan menginternasionalisasi kampus.

Internasionalisasi kampus termasuk ke dalamnya raihan akreditasi, sumber daya, pembuatan jurnal, hingga capaian paten dari karya penelitian.

Selain itu juga menyukseskan kerja sama dalam hal tukar menukan sumber daya pengajar atau mahasiswa, kerja sama pengadaan sarana prasarana, dan dalam bentuk bimbingan, seminar atau pelatihan.

Sementara itu Kepala UPT Layanan Internasional Unand Vonny Indah Mutiara yang menjadi moderator pada sesi pertama kegiatan mengatakan forum KUI juga memperkuat eksistensi kantor urusan internasional kampus Indonesia dalam menjadi perantara hubungan internasional antar kampus.

Pada kegiatan ini juga kata dia dibahas beberapa bentuk kerja sama kampus Indonesia dan internasional semisal program USAID, IELTS dan beasiswa dari kampus ternama seperti Cambridge University. (*)

Kegiatan Forum KUI di Unand Padang, Kamis (12/7). (Antara sumbar/M R Denya)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar