Badoncek, tradisi gotong royong pembangunan daerah

id Suhatri Bur,Badoncek

Wakil Bupati Padang Pariaman, Sumbar, Suhatri Bur. (Antara Sumbar/Aadiat MS)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman, Sumatera Barat, Suhatri Bur mengatakan tradisi "badoncek" atau patungan yang marak diselenggarakan saat lebaran di daerah itu dapat membantu mempercepat pembangunan di daerah itu.

"Bandoncek sifatnya gotong royong untuk membantu pembangunan sarana publik dan kegiatan," ujar dia di Parit Malintang, Kamis.

Ia menambahkan karena sifatnya gotong royong maka warga di daerah itu hingga saat ini masih mempertahankannya terutama untuk membantu sesama.

Namun ketika memasuki lebaran, lanjutnya intensitas tradisi itu meningkat dari hari biasa karena adanya kegiatan halal bi halal yang dihadiri oleh perantau asal Padang Pariaman.

"Bahkan setiap hari semenjak memasuki lebaran saya menghadiri undangan halalbihalal yang diakhiri dengan badoncek," terangnya.

Ia menyebutkan adapun halalbihalal tersebut mulai dari ikatan perantau hingga kegiatan alumni sekolah.

Menurutnya tradisi tersebut harus dipertahankan karena dapat membantu masyarakat dan pemerintah setempat untuk mempercepat pembangunan di daerah itu.

Apalagi tradisi tersebut menyerahkan uang secara sukarela untuk pembangunan sehingga dapat mengajarkan keihklasan.

Meskipun penyerahan uang dari seseorang pada tradisi badoncek bersifat terbuka atau diketahui orang lain dan cendrung saling berlomba namun tidak dirasakan sebagai perbuatan ria.

Ia berharap tradisi tersebut dapat terus dipertahankan karena memiliki banyak manfaat baik untuk pembangunan dan pendidikan sosial. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar