Solok Selatan menuju pemerintahan berbasis digital

id solok selatan,khairunas,Suhatri Bur,padang pariaman

Solok Selatan menuju pemerintahan berbasis digital

Bupati Solok Selatan Khairunas (kanan) berbincang dengan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menuju pemerintahan yang berbasis digital agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih cepat, transparan dan efisien.

Upaya yang dilakukan Pemkab Solok Selatan untuk mewujudkan bumi "Sarantau Sasurambi" berbasis digital yakni menjalin kerja sama dengan daerah kabupaten/kota yang telah menelorkan inovasi-inovasi, salah satunya Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Solok Selatan Khairunas di Padang Pariaman, Senin mengatakan kerja sama dengan Kabupaten Padang Pariaman yakni replikasi inovasi Nagari Go Digital dengan leading sector Disdukcapil, kemudian pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Smart City yang digawangi Diskominfo.

"Hari ini kami melakukan penandatangan nota kesepahaman-nya," ujarnya.

Dengan berbasis digital, imbuh politisi Golkar ini, pihaknya berkomitmen untuk mendorong pelayanan publik yang lebih baik.

"Bappeda, BPKD, Disdukcapil, agar segera mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk anggaran yang harus disediakan agar Solok Selatan juga bisa meningkatkan pelayanan publik khususnya di bidang layanan administrasi kependudukan," ujarnya.

Dengan telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman ini, sebutnya, pihaknya organisasi perangkat daerah lainnya mengikuti langkah tersebut dengan menjalin kerja sama sesuai dengan tupoksinya.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan pihaknya terus berupaya untuk memacu berbagai pembangunan dan memudahkan berbagai pelayanan.

Tujuan utama keberadaan Disdukcapil sendiri, katanya adalah memudahkan pelayanan administrasi kepada masyarakat. "Demikian juga keberadaan dinas-dinas lain seperti kominfo, dinas kesehatan, dll," katanya.

Disdukcapil Padang Pariaman, katanya telah mendapatkan 2900 lebih poin dalam penilaian inovasi. "Hari ini bertambah 9 inovasi, sehingga poin inovasi juga semakin meningkat," ujarnya.

Diskominfo Padang Pariaman, katanya juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kominfo terkait Smart City.

Tahun ini, sebutnya sejumlah OPD Padang Pariaman menyabet 14 penghargaan dari pusat terkait inovasi. Dalam menciptakan inovasi-inovasi tersebut harus didukung dengan sumber daya manusia dan juga anggaran yang memadai, agar hasil yang dicapai juga bisa lebih maksimal.

"Karena kemauan dan kerja keras bersama, pimpinan dan para OPD, Insya Allah bisa kita lahirkan inovasi-inovasi," katanya.

Turut hadir Wakil Bupati Padang Pariaman, Sekdakab Padang Pariaman, Sekdakab Solok Selatan, dan para kepala OPD.