Pemkab Mentawai - UNP teken MoU bidang pendidikan

id Kerja sama UNP,UNP

Pemkab Mentawai - UNP teken MoU bidang pendidikan

Seusai penandatangan nota kesepahaman Rektor UNP Prof Ganefri (kiri) dengan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet disaksikan Wagub Sumbar Nasrul Abit (Tengah). (ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mentawai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Universitas Negeri Padang (UNP) untuk pembangunan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan SDM.

Penandantanganan dilakukan di Padang, Kampus UNP, Jln Prof Hamka, Air Tawar Padang, antara Rektor UNP, Prof Ganefri dan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet disaksikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Senin (4/6).

Pemkab Mentawai mengundang Rektor UNP, Prof Ganefri dan pimpinan UNP lainnya untuk hadir ke Mentawai, pada 11 Juni 2018 mendatang, guna berdiskusi dengan menghadirkan kepala SKPD se Kabupaten Mentawai.

Pemkab Mentawai sebelumnya pernah melakukan kerja sama dengan UNP, namun karena sesuatu hal kerja sama tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Kalau sekarang penandatangan MoU yang disaksikan langsung Wagub tentu beda dengan sebelumnya dan lagi pula Rektor UNP bukan Prof Ganefri waktu itu, sekarang Rektor UNP siapa dulu,” ujar Wagub Sumbar, Nasrul Abit pada kesempatan itu.

Sementara Rektor UNP, Prof Ganefri mengatakan pendidikan merupakan sektor yang fundamental bagi sebuah kabupaten, karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dipengaruhi oleh tiga variabel, yaitu pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

“Jika kerjasama diimplementasikan dengan baik, tentu meningkatkan tingkat melek huruf dan tingkat lama sekolah sehingga pada gilirannya akan meningkatkan IPM Mentawai,” katanya.

Sedangkan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet mengharapkan para civitas akademika untuk bersama membangun Pendidikan Mentawai, konsep pemberdayaannya pendidikan salah satu aspek percepatan kemajuan Mentawai. Semoga MoU Pemkab Mentawai dengan UNP kelak bisa terwujud sempurna. *