70 peserta Diklat menjahit busana, dapat kunjungan Ketua Dekranasda

id Busana

70 peserta Diklat menjahit busana, dapat kunjungan Ketua Dekranasda

Ketua Dekranasda Sijunung tinjau peserta diklat menjahit busana di BDI (Ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 70 orang peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) menjahit busana di Balai Diklat Industri Padang, mendapat kunjungan dari Ketua Dekranasda Sijunjung Ny. En Yuswir Arifin.

Ketika melakukan peninjauan, Kamis, ketua Dekranas didampingi Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dagperinkop UKM) Kabupaten Sijunjung Hendri Nurka, Kepala BDI Padang, Hendro Kuswanto dan Widyasuara Yuliarma.

Kepada 70 peserta yang sudah mengikuti Diklat menjahit busana atau 3 in 1 costume made, Ny. En Yuswir Arifin berpesan supaya ilmu yang diperoleh dipergunakan untuk menjadi penjahit busana yang baik, dan bisa sebagai usaha dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Selain itu, ia juga berharap kepada seluruh peserta Diklat menanamkan niat yang kuat dalam hati untuk menjadi penjahit busana yang profesioanal.

Supaya Diklat yang diselenggarakan sejak 10 April 2018 mencapai sasaran dan harapan sesuai tujuan serta berhasil dan berdayaguna untuk peningkatan ekonomi dan kesejehteraan.

Tujuan penyelenggaraan Diklat adalah memberikan ilmu kepada peserta yang semula belum tahu apa-apa dan tidak pandai menjahit busana.

Namun, setelah mendapatkan pelatihan menjadi penjahit yang profesioanal, baik, bagus dan menarik supaya diminati oleh konsumen.

"Jangan sampai usai mengikuti Diklat kita kembali ke titik nol seperti semula. Bila ini yang terjadi, berarti tujuan penyelenggaraan Diklat tidak tercapai. Hanya membuang-buang waktu, tenaga, pikiran dan dana,” kata Ketua Dekranas Ny. En Yuswir Arifin.

Kepala BDI Padang Hendro Kuswanto juga berharap dan berpesan kepada peserta yang sudah mengikuti Diklat supaya memanfaatkan ilmu yang didapat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta supaya memanfaatkan ilmu yang didapat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” harap Hendro Kuswanto.

Kabid Perindustrian Dagperinkop UKM,Hendri Nurka, mengatakan Diklat 3 in 1 costume made busana yang akan ditutup Senin (30/4) depan, diselenggarakan aparatur Dagperinkop UKM dan Dekranas Kabupaten Sijunjung bersama BDI Padang.

Sebanyak 70 peserta yang mengikuti Diklat, berasal dari Nagari Tanparungo, Limo Koto, Mundam Sakti, Koto Baru, Durian Gadang, Muaro dan Nagari Sijunjung.

Selain gratis, selama Diklat berlangsung untuk peserta juga disediakan bahan dan peralatan, konsumsi, sneg, penginapan dan uang saku. *