Festival Nasional Wisran Hadi resmi dibuka, sepekan gelar teater

id Wisran hadi

Festival Nasional Wisran Hadi resmi dibuka, sepekan gelar teater

Rangkaian pembukaan Festival Nasional Wisran Hadi ditandai pembukaan dengan pemukulan gendang kemudian diikuti dengan penyerahan buku program.  (Ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Festival Nasional Wisran Hadi (FNWH) yang diadakan oleh UKM Teater Langkah resmi dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Hermansah bertempat di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Adalas, Prof. Dr. Ir. Hermasah, MS. M.Sc, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Hasanuddin, M.Si, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya, Imelda Indah Lestari, S.S, M.Hum, para pegiat teater di Sumatera Barat dan delegasi dari beberapa kampus di luar Sumbar, Senin.

“Festival ini patut diadakan, Unand sangat mendukung kegatan ini mengingat begitu banyak tokoh yang dimiliki atau berasal dari Sumatera Barat yang memberi pengaruh besar dalam ranah kebudayaan dan kesenian kita, salah satunya Wisran Hadi,” ungkap Hermansah sebelum membuka festival secara resmi.

Pembukaan FNWH diresmikan dengan pemukulan gendang kemudian diikuti dengan penyerahan buku program.

Sejalan dengan pernyataan Hermansah, Dekan FIB Unand menambahkan festival ini sebagai bentuk penghargaan kepada Wisran Hadi atas jasa, guru, kolega, ilmu.

FIB pernah bersinggungan langsung dengan Wisran Hadi sebagai seorang dosen yang mengajar kajian drama dan mata kuliah kesenian lain.

Pembina UKM Teater Langkah Syafril menyampaikan sebuah orasi budaya dengan judul ‘Wisran Hadi: Penggerak dan Pelopor perubahan Seni dan Budaya Nasional Asal Sumatera Barat (Minangkabau).

Ketua pelaksana FNWH Ditto Aditya, mengungkapkan bahwa selama FNWH akan ada setiap malamnya penampilan teater dari beberapa kampus di Indonesia yang akan mementaskan naskah Wisran Hadi.

Acara FNWH berlangsung seminggu penuh, pada tangal 23- 29 April 2018. Untuk malam ini, akan ada pementasan dari Teater Langkah selaku tuan rumah dengan judul Naskah ‘Makam Dipertuan’.*