Nelayan di Babel akan mendapat bantuan 200 unit jaring ikan

id jaring ikan

Nelayan menata jaring ikan. ( ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Dana bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan ini berasal dari APBD 2018
Pangkalpinang, (Antaranews Sumbar) - Sejumlah nelayan tradisional di Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menerima 200 unit jaring ikan dari Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) provinsi itu guna meningkatkan hasil tangkapan mereka.

Bantuan itu untuk kepada 10 kelompok nelayan tradisional, kata Pelaksana Harian Kepala DKP Kepulauan Babel Fadli di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menambahkan dana bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan ini berasal dari APBD 2018, sebagai upaya pemerintah daerah memberdayakan perekonomian masyarakat nelayan tradisional.

Selain menyalurkan jaring millenium, DKP juga akan menyalurkan alat tangkap ikan bubu dan pancing agar nelayan terbantu serta termotivasi untuk terus mengembangkan usaha penangkapan ikan yang ramah lingkungan.

"Saat ini penyaluran bantuan masih dalam tahap pendataan ulang koperasi calon penerima, guna memastikan kelompok usaha nelayan tersebut masih aktif menjalankan usahanya," katanya.

Menurut Fadli pendataan ulang ini penting, agar bantuan tersebut tepat sasaran dan bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

"Jangan sampai bantuan ini diberikan kepada koperasi yang tidak aktif atau belum berbadan hukum yang akan menjadi temuan aparat penegak hukum," ujarnya.

Ia mengatakan syarat untuk mendapatkan bantuan ini yaitu masyarakat harus tergabung dalam koperasi atau kelompok usaha berbadan hukum. Jadi tidak ada lagi bantuan yang diberikan kepada perseorangan atau badan usaha masyarakat yang tidak berbadan hukum.

"Kami berharap dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan, sehingga ketersediaan ikan segar di masyarakat berlimpah dengan harga terjangkau," katanya.
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar