Cara Pemkab Tanah Datar dukung peduli aksi keselamatan berlalu lintas

id Peduli Aksi Keselamatan Berlalu lintas

Cara Pemkab Tanah Datar dukung peduli aksi keselamatan berlalu lintas

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi (tengah) didampingi segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menandatangani komitmen bersama Peduli Aksi Keselamatan Berlalulintas di Batusangkar, Rabu (14/3). (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat.)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mendukung Peduli Aksi Keselamatan Berlalu lintas yang digelar oleh pihak kepolisian setempat dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan dinas dan surat-suratnya.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Rabu, mengatakan dalam upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas maka pihaknya akan menyurati seluruh OPD yang ada untuk mengecek kendaraan operasional yang digunakan di masing-masing instansi.

"Pemkab Tanah Datar mendukung penuh upaya Peduli Aksi Keselamatan Berlalu lintas yang digelar oleh pihak kepolisian. Oleh sebab itu kami akan memulai dengan kendaraan dinas yang dipergunakan pada setiap instansi yang ada," katanya.

Ia menyebutkan jika perlu nantinya seluruh kendaraan dinas akan dikumpulkan pada satu lokasi untuk selanjutnya dilakukan pengecekan.

Menurutnya bisa saja ada kendaraan yang tidak layak digunakan sehingga pengecekan secara menyeluruh pada kendaraan dinas perlu dilakukan.

"Barangkali nanti ada kendaraan yang tidak layak digunakan dan hal tersebut kadang tidak diketahui oleh pihak yang menggunakannya," katanya.

Selain itu ia juga mengimbau agar seluruh masyarakat, terutama yang ada di nagari untuk tetap menaati aturan dalam berlalu lintas.

"Kebanyakan masyarakat yang ada di nagari sering mengabaikan hal tersebut, mulai dari melengkapi surat-surat kendaraan, surat izin mengemudi hingga kelengkapan kendaraan dan juga penggunaan helm," ujarnya.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan dalam rangka menekan angka kecelakaan dalam berlalu lintas maka seluruh pihak harus ikut berperan aktif.

"Dalam upaya menekan angka kecelakaan bukan hanya menjadi tanggung jawab penegak hukum, akan tetapi peran serta masyarakat dengan meningkatkan kesadaran dalam berlalulintas juga diperlukan," katanya. (*)