Kodim Pariaman: berita hoaks dapat merusak generasi bangsa dan negara

id Kodim Pariaman

Kodim Pariaman: berita hoaks dapat merusak generasi bangsa dan negara

Komandan Kodim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah foto bersama masyarakat dalam kegiatan komunikasi sosial. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Secara pribadi saya pernah menegur langsung salah satu masyarakat pengguna Facebook yang menyebarkan video tidak pantas dilihat oleh anak-anak karena bisa berdampak buruk
Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Komandan Kodim 0308 Pariaman, Sumatera Barat Letkol Arh Hermawansyah menyatakan hoaks atau berita palsu dapat merusak generasi bangsa dan negara.

"Keberadaan berita hoaks di tengah masyarakat merugikan anak bangsa yang membaca tanpa memahami dan mempelajari informasi tersebut," kata dia pada kegiatan komunikasi sosial bersama keluarga besar TNI di Pariaman, Selasa.

Selain berita hoaks katanya, masyarakat juga banyak dirugikan dengan penyebaran konten video tidak pantas yang bermunculan di media sosial seperti Facebook.

Konten video tidak pantas dan tersebar luas di media sosial tersebut katanya, seperti mengandung unsur pornografi, kekerasan dan lain sebagainya yang dapat merusak pemikiran masyarakat terutama anak-anak.

Pihaknya juga menyayangkan sejumlah masyarakat yang ikut serta menyebarluaskan berbagai konten berita hoaks dan video tidak pantas tersebut.

"Secara pribadi saya pernah menegur langsung salah satu masyarakat pengguna Facebook yang menyebarkan video tidak pantas dilihat oleh anak-anak karena bisa berdampak buruk," ujar dia.

Menurutnya, masyarakat yang ikut serta menyebarluaskan berita hoaks tersebut secara tidak langsung sama dengan merusak generasi bangsa.

"Bayangkan saja 100 orang yang menyebarluaskan berita bohong atau video tidak pantas dan bertahan di media sosial selama lima tahun, maka selama kurun waktu itu juga generasi bangsa terpengaruh," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta dan mengimbau kepada masyarakat agar lebih cerdas dalam memahami suatu konten berita yang belum teruji kebenarannya.

Selain memberikan pemahaman kepada masyarakat, Dandim 0308 Pariaman juga menekankan hal yang sama kepada seluruh prajurit TNI.

Senator asal Sumatera Barat sekaligus anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Emma Yohanna mengajak pemuda Indonesia untuk ikut menangkal penyebaran informasi hoaks untuk mencegah perpecahan.

Senator asal Sumatera Barat sekaligus anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Emma Yohanna mengajak pemuda Indonesia untuk ikut menangkal penyebaran informasi hoaks untuk mencegah perpecahan.

Saat ini penyebaran berita atau informasi hoaks serta ujaran kebencian di masyarakat, khususnya melalui media sosial cukup tinggi sehingga berpotensi memicu perpecahan bangsa.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemuda untuk menangkal hal itu seperti membantu meluruskan berita atau informasi hoaks serta melakukan klarifikasi kepada masyarakat luas.

"Hal paling sederhana yang dapat dilakukan pemuda yaitu tidak ikut serta menyebarkan informasi hoaks yang belum teruji kebenarannya," ujar dia. (*)