Kodim Pariaman: tokoh agama sampaikan tausiah antiradikalisme selama Ramadhan (video)

id pemuka agama

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah PariamanĀ foto bersama usai kegiatan pertemuan dengan pemuka agama.Ā  (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Kami telah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Pariaman agar membantu dalam memperbanyak tausiah agama tentang antiradikalisme kepada masyarakat
Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0308 Pariaman, Sumatera Barat, Letkol Arh Hermawansyah mengimbau para tokoh agama di daerah itu agar menyampaikan tausiah agama antiradikalisme kepada masyarakat selama Ramadhan 1439 hijriah.

"Kami telah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Pariaman agar membantu dalam memperbanyak tausiah agama tentang antiradikalisme kepada masyarakat," kata dia di Pariaman, Selasa, usai kegiatan pertemuan dengan sejumlah pemuka agama.

Pemahaman dan tausiah agama tentang antiradikalisme ujar dia, dinilai perlu diberikan kepada masyarakat agar tidak mudah terjerumus kepada hal yang bertolak belakang dengan ajaran agama yang cenderung menyesatkan.

Menurutnya Ramadhan merupakan salah satu momentum yang tepat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dengan menyampaikan berbagai macam pesan-pesan keagamaan yang menyejukkan.

"Biasanya setiap bulan puasa ada kegiatan safari Ramadhan, ini momentum bagi para tokoh agama dalam membantu menyiarkan antiradikalisme," katanya.

Pihaknya berpendapat dengan adanya pemahaman yang diberikan melalui safari Ramadhan, merupakan salah satu langkah untuk menekan dan mencegah aksi radikal serta terorisme.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman, Muhammad Nur mengatakan sangat mendukung langkah yang dilakukan pihak TNI dalam menangkal bahaya radikalisme dan terorisme.

Adanya kegiatan safari Ramadhan merupakan salah satu sarana dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya radikalisme dan terorisme.

"Para tokoh agama sudah kami berikan arahan dan panduan terkait ceramah agama selama Ramadhan agar bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat," ujar dia.

Pemerintah daerah juga akan menjalankan kegiatan tentang ketahanan iman dan wawasan Islam yang diberikan selama pesantren Ramadhan kepada para pelajar. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar