Padang Pariaman dan Kodim 0308 bertekad percepat akses sanitasi budayakan hidup bersih dan sehat

id sanitasi

Padang Pariaman dan Kodim 0308 bertekad percepat akses sanitasi budayakan hidup bersih dan sehat

Sejumlah anggota TNI sedang memperhatikan penjelasan dari narasumber guna mempercepat universal akses sanitasi di Kabupaten Padang Pariaman, di Pariaman, Senin (9/4). (Antara Sumbar/Aadiat MS)

Mengubah perilaku masyarakat memang sulit tapi diharapkan dengan kerja sama ini maka masyarakat dapat sadar
Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman bertekad mempercepat akses sanitasi di daerah itu agar budaya hidup bersih dan sehat mencapai 100 persen pada akhir 2018.

"Pemerintah pusat memprogramkan universal akses sanitasi pada 2019, namun kita menargetkan tahun ini bisa tercapai," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, Aspinuddin saat sosialisasi di Markas Kodim 0308 Pariaman, Senin.

Ia mengatakan realisasi universal akses sanitasi di daerah itu hingga akhir 2017 baru mencapai 68 persen sehingga dengan kerja sama dan adanya bantuan 100 jamban dari Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Padang Pariaman serta upaya yang dilakukan maka target tersebut bisa direalisasikan.

Upaya yang dilakukan tersebut yaitu gencar mencari dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) ke sejumlah perusahaan.

Upaya tersebut tidak saja menyangkut pengadaan jamban namun juga menyadarkan masyarakat tentang hidup sehat dengan tidak buang air besar sembarangan.

"Untuk merealisasikannya kita ikut sertakan TNI baik bidang sosialisasi maupun pembangunan sarana jamban," katanya.

Ia berharap dengan adanya kerja sama tersebut maka pihak TNI dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya sanitasi karena akan berdampak pada timbulnya sejumlah penyakit mulai dari diare dan penyakit kulit.

"Mengubah perilaku masyarakat memang sulit tapi diharapkan dengan kerja sama ini maka masyarakat dapat sadar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 0308 Pariaman, Mayor Infantri Marjoni M mengatakan realisasasi sanitasi juga menjadi program pihaknya di bidang pembinaan dalam rangka pertahanan dengan membangun 25 jamban per tahun.

"Apabila rakyatnya sehat dan kuat maka TNI juga kuat. TNI kuat bersama rakyat," kata dia.

Menurutnya dengan adanya sinergi antara pihaknya dengan pemerintah setempat maka dapat mempercepat pencapaian program sanitasi di daerah itu.

Ia mengatakan agar realisasi sanitasi di daerah itu berjalan baik maka pihaknya akan mengerahkan personel baik di tingkat Komando Rayon Militer hingga Bintara Pembina Desa. (*)