780 pelajar Pariaman ikuti kompetisi olahraga

id lomba olahraga pelajar

780 pelajar Pariaman ikuti kompetisi olahraga

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman memberikan arahan kepada peserta Kompetisi Pelajar Pariaman. (Humas Pariaman)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 780 pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kota Pariaman, Sumatera Barat mengikuti kompetisi olahraga pelajar yang dimulai 7 hingga 20 Maret 2018 untuk menjaring atlet muda berbakat.

"780 pelajar tersebut akan bertarung selama dua minggu ke depan dengan mengikuti 17 cabang olahraga yang dilombakan," kata Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan kompetisi olahraga pelajar tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menjaring dan membina para atlit muda berbakat yang disiapkan ke tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

Apalagi katanya, akhir 2018 Kabupaten Padang Pariaman akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV sehingga butuh kesiapan oleh setiap daerah peserta.

Pihaknya menilai kegiatan tersebut merupakan wujud pemberdayaan sumber daya manusia yang positif terutama pengembangan karakter dan mental anak didik.

Penyelenggaraan kompetisi olahraga pelajar, pemerintah daerah tidak memberikan target khusus kepada setiap peserta yang mengikuti. Hal tersebut lebih kepada membudayakan jiwa olahraga dan menjunjung tinggi semangat sportifitas.

"Meskipun ini salah satu upaya menjaring bibit atlit berbakat, namun rasa semangat olahraga dan jiwa sportifitas tetap harus diutamakan," kata wali kota dua periode tersebut.

Sementara itu Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pariaman Suhaemi mengatakan kegiatan yang diikuti oleh 780 pelajar tersebut akan diawasi oleh 122 wasit dan juri.

Sebanyak 17 cabang olahraga yang dilombakan yaitu atletik, sepatu roda, bulutangkis, renang, bola voli mini, tenis lapangan, catur, taekwondo, basket, voli pantai, bola voli indor, tenis meja, karate, silat, sepak takraw, bola mini, dan tarung derajat.

"Kita berharap 2018 dan ke depannya Kota Pariaman mampu mengirimkan atlit terbaik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional," kata dia.