Buku berisi kumpulan puisi wartawan se-Indonesia diluncurkan dalam HPN

id buku puisi

Buku berisi kumpulan puisi wartawan se-Indonesia diluncurkan dalam HPN

Penampilan musikalisasi puisi dalam peluncuran Buku Puisi Wartawan Indonesia dengan bertema Pesona Ranah Bundo di Padang, Sumatera Barat, Rabu (7/2). Peluncuran buku puisi tersebut merupakan salah satu agenda dalam rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat/18.)

Dalam buku ini terdapat sebanyak 55 orang wartawan dari seluruh Indonesia yang mengirimkan puisi, rata-rata peserta mengirimkan tiga puisi
Padang, (Antaranews Sumbar) - Kumpulan puisi wartawan Indonesia yang termuat dalam buku bertema Pesona Ranah Bundo diluncurkan dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Padang, Sumatera Barat.

Editor buku, Syarifuddin Arifin dalam acara peluncuran buku di Padang, Rabu malam, mengatakan salah satu agenda dalam rangkaian acara HPN adalah peluncuran buku serta Parade Puisi.

"Puisi-puisi yang terdapat dalam buku ini merupakan karya dari wartawan yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan penerbitan buku puisi wartawan baru dilakukan pada peringatan HPN yang digelar tahun ini, sementara banyak wartawan di Indonesia yang juga menulis sastra.

Menurut dia, penyair di Indonesia banyak yang memiliki latar belakang wartawan, sehingganya dirasa perlu untuk mengumpulkan karya-karya mereka ke dalam bentuk buku.

Penerbitan buku puisi ini cukup mendapat sambutan dari kalangan wartawan, hal tersebut terbukti dengan masih ada wartawan yang ingin mengikutkan puisinya ketika batas pengumpulan karya telah berakhir.

"Dalam buku ini terdapat sebanyak 55 orang wartawan dari seluruh Indonesia yang mengirimkan puisi, rata-rata peserta mengirimkan tiga puisi," katanya.

Ia menambahkan, para peserta berasal dari berbagai media serta beberapa organisasi wartawan, seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Indipenden (AJI), HIPMI dan sebagainya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Sumbar, Taufik Ramadhan mengatakan pada kesempatan ini terlihat bahwasanya banyak wartawan di Indonesia yang pandai menulis puisi, tidak hanya menulis berita.

"Dengan terbitnya buku ini diharapkan tahun-tahun selanjutnya juga dilakukan hal serupa dengan tema yang berbeda," ujarnya.

Peluncuran buku juga dihadiri oleh beberapa sastrawan dan seniman Sumbar maupun nasional, selain itu dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Taufik Effendi juga ikut membacakan puisinya yang termuat dalam buku kumpulan puisi wartawan Indonesia. (*)