Perluas Tanaman Gambir, Pesisir Selatan Sediakan 60 Ribu Bibit

id gambir

Perluas Tanaman Gambir, Pesisir Selatan Sediakan 60 Ribu Bibit

Petani menjemur gambir di Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Selasa (9/1). (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyediakan bantuan 60 ribu bibit gambir untuk petani di daerah setempat pada 2018 sebagai upaya meningkatkan luas tanaman komoditas itu.

"Bantuan ini akan kami serahkan kepada kelompok tani yang mengajukan permohonan bantuan melalui proposal," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Andi Masri di Painan, Rabu (10/1).

Ia menjelaskan proposal tersebut selanjutnya akan diverifikasi mulai dari anggota hingga areal yang akan dikelola.

Dia menjelaskan 60 ribu bibit gambir itu bisa ditanam di areal seluas 24 hektare dengan hitungan 2.500 bibit per hektare.

Saat ini, luas areal tanaman gambir di daerah itu mencapai 14.313 hektare dengan total produksi sepanjang 2017 yang mencapai 6.798,6 ton.

Areal tanaman gambir itu tersebut di Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batang Kapas, Sutera, Lengayang, dan Ranah IV Hulu Tapan

Ia mengatakan bahwa khusus masyarakat di Kecamatan Linggo Sari Baganti saat ini sudah mulai tertarik untuk mencoba peruntungan dengan menjadi petani gambir.

Sepanjang 2017, pihaknya memperkirakan perputaran uang di kalangan petani gambir di kabupaten setempat mencapai sekitar Rp237,9 miliar dengan harga gambir rata-rata mencapai Rp35 ribu per kilogram.

Kendati demikian, ujar dia, harga gambir tidak bisa dipastikan karena pada waktu tertentu bisa anjlok dan pada waktu tertentu lainnya juga bisa naik secara meroket.

Namun, katanya, sepanjang 2017 harga gambir tidak pernah menyentuh angka Rp20 ribu per kilogram.

Harga komoditas tersebut pernah meroket hingga Rp135 ribu per kilogram selama beberapa pekan. (*)