Kopertis X Targetkan 60 Persen Prodi PTS Terakreditasi B Pada 2018

id Herri

Koordinator Kopertis X Prof Herri (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X Wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau menargetkan 60 persen program studi yang ada di PTS wilayah itu terakreditasi B pada 2018.

Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Jumat, mengatakan saat ini terdapat 900 program studi dari 249 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di wilayah kerja Koperstis X.

"Dari 900 prodi tersebut baru 12 yang terakreditasi A, B hanya 50 persen dan selebihnya berakreditasi C," katanya.

Sementara dari 249 institusi belum satu pun yang memiliki akreditasi A, oleh karena itu, pihaknya mendorong kampus maupun program studi agar dapat terakreditasi, karena akreditasi suatu kampus juga menentukan kualitas lulusan.

Untuk mencapai akreditasi yang diinginkan apalagi A, kata dia tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat, namun membutuhkan beberapa proses yang dilalui dan dilakukan secara berangsur.

PTS didorong untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan badan Akreditasi Perguruan Tinggi dalam mencapai akreditasi, beberapa standar tersebut adalah dosen yang berkualitas seperti telah memiliki gelar profesor, proses pembelajaran yang baik, infrastruktur yang bagus dan hal lainnya.

Dalam rangka mendorong tercapainya akreditasi tersebut, katanya Kopertis X berupaya memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas, agar segala pengurusan terkait administrasi dapat berjalan dengan lancar.

"Jangan sampai permasalahan administrasi menjadi kendala dalam mencapai akreditasi," ujar dia.

Ia berharap ke depannya lebih banyak lagi program studi yang terakreditasi B maupun berupaya untuk mencapai A karena akreditasi merupakan tolak ikur kemajuan suatu kampus. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar