NU Bantah Intervensi Pencekalan Ustaz Abdul Somad

id Nahdlatul Ulama

NU Bantah Intervensi Pencekalan Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad.

Jakarta, (Antara Sumbar) - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini menegaskan organisasinya tidak melakukan campur tangan terhadap pencekalan Ustaz Abdul Somad di Hong Kong.

"Pernyataan bahwa Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj berperan di balik pencekalan Ustaz Abdul Somad adalah fitnah," kata Helmy kepada wartawan di Jakarta, Rabu (27/12).

Komentar Sekjen PBNU itu muncul seiring banyaknya pemberitaan yang beredar di media massa tentang pencegahan Abdul Somad untuk ceramah di Hong Kong. Berita pencegahan itu dikait-kaitkan dengan Nahdlatul Ulama, khususnya Said Aqil Siroj.

Menurut dia, PBNU tidak memiliki kekuatan dan otoritas untuk mencegah orang masuk ke sebuah negara. PBNU juga tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan organisasi.

Lebih lanjut, Helmy mengatanlkan dalam kejadian itu pemerintah bertugas sepenuhnya menjelaskan duduk kronologis dan penyebab pencegahan Abdul tersebut.

"Hal ini sangat penting sebagai bagian dari tanggung jawab pemerintah," kata dia.

Menurut dia, PBNU sebagai bagian dari dakwah ke-Islaman pada prinsipnya sangat menyayangkan kejadian pencegahan yang menimpa Ustaz Abdul Somad.

"Saya pribadi berharap masyarakat tidak terprovokasi atas pemberitaan-pemberitaan yang cenderung tendensius dan tidak sesuai fakta yang ada," kata dia. (*)