Kelompok Kerja KIPI Sijunjung Terbentuk

id #KIPI Sijunjung #Imunisasi

Kelompok Kerja KIPI Sijunjung Terbentuk

Penyempaian materi (ist)

Muaro (antara sumbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, membentuk kelompok kerja Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) sebagai upaya untuk untuk Mendeteksi, memperbaiki dan menjegah kesalahan program, Mengidentifikasi peningkatan rasio KIPI yang tidak wajar pada bateh vaksin atau merek vaksin tertentu.

Pembentukan KIPI berlangsung di Hotel Bukit Gadang, Kamis, dibuka langsung Kabid P2P Azmardan Nyangsih, dihadiri Direktur RSUD Sijunjung beserta jajaran, Poli Klinik Dandim 0310, Kepala OPD terkait, Kepala Lapkesda Sijunjung, Kepala puskesmas ke Kabupaten Sijunjung beserta jajaran, Organisasi Poskesri kesehatan, Kamis.

Desi Suryani kegiatan surveilans KIPI bertujuan untuk Mendeteksi, memperbaiki dan menjegah kesalahan program, Mengidentifikasi peningkatan rasio KIPI yang tidak wajar pada bateh vaksin atau merek vaksin tertentu.

Memastian bahwa suatu kejadian yang diduga KIPI merupakan koinsidens, Menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap program imunisasi,tambahnya.

Dr Riki Alkamdani, Spa dari RSUD Sijunjung menyanyampai keamanan vaksin merupakan hal penting dalam menjamin kelansungan program imunisasi, kejadian ikutan pasca imunisasi dapat terjadi pada semua vaksin dan harus dilaporkan.

Prosedur pemberian Imunisasi yang benar dapat mengurangi KIPI akibat kesalahan, tenaga medis harus dapat memberikan penanganan KIPI yang sering atau yang menyancam jiwa misalnya syok anafilaksis.