Pencapaian Target Sanitasi, Lima Kepala OPD Kunjungan Belajar

id #sanitasi #sijunjung

Pencapaian Target Sanitasi, Lima Kepala OPD Kunjungan Belajar

Kunjungan tim sanitasi (Ist)

Muaro (antara sumbar) Dalam mendukungan pencapaian target 100 persen sanitasi pada 2019 yang sudah diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup), maka lima kepala instansi bersama komponen terkaitkunjungan belajar.

Rombongan kunjungan terdiri atas perwakilan PKBI Sumbar, SNV Indonesia dan Pemda Sijunjung melalui Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dan melalui suara perubahan menuju Kabupaten Pringsewu dan Lampung Selatan, yang merupakan Kabupaten sedang menuju 100% ODF di Provinsi Lampung.

Kabupaten Sijunjung, dengan Peraturan Bupati Nomor 25 tahun 2016 tentang rencana aksi daerah penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan 2015-2019.

Untuk itu Lima Kepala OPD terkait lakukan kunjungan belajar Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL), selama 3 hari (17-19/12) di Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Ezwandra M.Sc mengatakan, sudah bukan rahasia lagi bahwa hingga kini kondisi penyediaan air minum dan sanitasi di Indonesia masih belum berjalan maksimal.

Bahkan di Sijunjung bisa dikatakan keadaan air minum dan sanitasi masih jauh dari kata layak.

Tetapi, semua pihak baik dari pemerintah, non pemerintah, maupun sektor swasta kini kian gencar melakukan pembangunan dan perbaikan pada sektor air minum dan sanitasi.

Ada lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Sebab air bersih dan sanitasi layak adalah hak setiap orang. Selain itu, sudah tidak perlu dipungkiri lagi bahwa kondisi air minum dan sanitasi baik dapat meningkatkan angka kesehatan masyarakat,terutama anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa, tambah Ezwandra.

"Gerakan yang berlabel 'Jihad Sanitasi' ini merupakan kampanye gerakan membangun WC dengan sistem septic tank berbasis dari inisiatif masyarakat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rizal Efendi, SE melalui WhatsApp, Senin.

Menurut Rizal, program dan gerakan itu dapat mendukung upaya menciptakan sanitasi yang bersih dan sehat di lingkungan masyarakat setempat.

Ia berharap, untuk mewujudkan impian tersebut diperlukan komitmen disetiap level dan Gerakan bersama Rakyat (GEBRAK) Sijunjung.***