Gubernur Instruksikan Pemda Siapkan Lelang Kegiatan Usai Terima DIPA

id Irwan Prayitno

Gubernur Instruksikan Pemda Siapkan Lelang Kegiatan Usai Terima DIPA

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno meminta pemerintah kabupaten/kota dan instansi vertikal di daerah itu yang telah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) segera menyusun program dan menyiapkan lelang kegiatan.

"Khusus untuk kegiatan pengadaan barang/jasa, sejak awal tahun sudha harus bisa di lelang," kata dia di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu usai penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah.

Menurut dia jika ada perubahan struktur di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), segera buat surat baru pengusulan Kuasa Pengguna Anggaran dan Pengguna Anggaran.

Lelang kegiatan sejak awal tahun bisa mendorong realisasi fisik dan anggaran yang cepat pula.

"Hal ini menjadi harapan Presiden Joko Widodo, supaya anggaran yang digelontorkan ke daerah mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dengan cepat," ujar dia.

Irwan juga berpesan pada bupati/wali kota agar tidak menerima apapun alasan keterlambatan pengadaan barang/jasa dari bawahannya, karena itu sudah menjadi kerja rutin setiap tahun.

"Kalau dicari alasan, seribu bisa didapat. Saya di lingkungan provinsi tidak menerima alasan keterlambatan. Ini kerja rutin sudah puluhan tahun, bisa diantisipasi kendalanya sejak awal," jelasnya.

Provinsi Sumbar mendapat alokasi DIPA Rp10,84 triliun pda 2018 disalurkan melalui 725 satuan kerja dari 47 kementerian/lembaga. Jumlah itu naik Rp 370 Miliar dibanding tahun 2017.

Sedangkan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 20,604 Triliun untuk 19 kabupaten/kota, turun sebesar Rp 5,75 miliar.

Penurunan itu karena adanya perubahan formulasi pembagian dana desa. (*)