Pemprov Sumbar Gelar 'Payakumbuh Botuang Festival' Semarakkan Kesenian Daerah

id Fashion

Ilustrasi - Fashion Show. (cc)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat akan menggelar even 'Payakumbuh Botuang Festival' di Kota Payakumbuh pada 26 November hingga 2 Desember 2017 untuk menyemarakkan kesenian di daerah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Taufik Effendi di Padang, Selasa, mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih menyemarakkan kesenian yang ada di daerah itu.

"Keselurahan dana untuk kegiatan ini berasal dari pemprov yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan," katanya.

Ketua Panitia, Andra Nova menyebutkan lokasi pelaksanaan kegiatan ini akan dibagi pada dua tempat, yaitu di pusat kota dan di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Pada 26-28 November akan diadakan Payakumbuh Street, kegiatan ini akan diisi dengan berbagai kegiatan modern, seperti fashion, musik akustik serta kuliner.

Kemudian pada 1-2 Desember berbagai pertunjukan kontemporer akan ditampilkan di daerah Ampangan.

"Untuk pelaksanaan Payakumbuh Street akan digelar di sekitar pasar di pusat kota, Sementara untuk pertunjukan kontemporer akan dilaksanakan di Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan," ujarnya.

Ia menambahkan, di Ampangan akan dibangun sebuah panggung dari bambu, sebab daerah tersebut juga dikenal sebagai penghasil kerajinan bambu dan oleh sebab itu pula bambu dijadikan ikon festival.

Menurut dia, dulu bambu juga sangat banyak tumbuh di daerah tersebut dan pihaknya ingin kembali menjadikan bambu sebagai bagian dari masyarakat.

“Kami sedang mengajak seluruh masyarakat Ampangan untuk ikut dalam acara ini,” kata dia.

Salah seorang sastrawan yang ikut terlibat dalam persiapan, Iyut Fitra menyebutkan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengapresiasi seniman-seniman yang terus berproses menciptakan karya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar