Pemkab-KONI Pasaman Barat Rapat Persiapan Porprov

id syahiran

Pemkab-KONI Pasaman Barat Rapat Persiapan Porprov

Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Sekda, Manus Handri saat memimpin rapat koordinasi persiapan Porprov 2018 dan persialan tuan rumah Porprov 2020, Rabu (9/8). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bersama Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI)menggelar rapat bersama dalam rangka persiapan Pekan Olah Raga Provinsi 2018 dan persiapan sebagai tuan rumah Porprov pada 2020.

Rapat bersama itu langsung dipimpin oleh Bupati Pasbar, Syahiran dan Sekda, Manus Handri di Aula Kantor Bupati setempat, kemarin.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pemuda Olah Raga, Hendra, pengurus KONI dan jajaran Pengurus Cabang Olah Raga yang ada.

Ketua KONI Pasbar, Mahlil Usman pihaknya berkomitmen majukan olah raga dengan pembinaan berkesinambungan.

Apalagi, katanya pada 2018 akan ada Porprov di Padang Pariaman. Persiapan atlet harus sejak dini dipersiapkan.

"Sesuai arahan bupati saat ini untuk pembinaan atlet harus diutamakan. Pihaknya berkomitmen akan memakai atlet dari Pasbar sendiri bukan atlet dari luar. Tentunya pembinaan akan ditingkatkan," katanya.

Menurutnya pihaknya melalui Pengcab olah raga yang ada akan memaksimalkan atlet binaan yang ada. Tentunya pembinaan butuh biaya yang cukup sehingga hasilnya dapat maksimal.

"Kita berharap Pemkab Pasbar bersama DPRD dapat menyediakan anggaran pembinaan sehingga nantinya dapat menuai prestasi diajang Porprov," harapnya.

Bupati Pasbar, Syahiran mengatakan komit untuk memajukan olah raga Pasbar. Ia akan menyetujui anggaran yang diminta KONI namun harus juga berkoordinasi dengan DPRD.

"Apalagi Pasbar ditunjuk jadi tuan rumah Porprov sehingga mau tidak mau persiapan sarana prasarana dan atlet harus disiapkan sejak awal," katanya.

Menurutnya pada 2018 nanti pihaknya menargetkan pembangunan sarana prasarana seperti stadion, gelanggang olah raga, kolam renang dan fasilitas lainnya akan dibangun.

"Termasuk masalah persiapan atlet. Saya menginginkan agar diajang Porprov harus memakai atlet sendiri. Pembinaan harus jalan dan ditingkakan," tegasnya.

Sementara Sekda Pasbar, Manus Handri menambahkan Pengcab harus bisa menyeleksi para atlet yang ada dengan baik. Setelah itu pembinaan harus jalan dan turnamen harus diikuti.

"Kita akan mensupport habis terkait persiapan atlet ini. Termasuk mempersiapkan panitia bayangan untuk tuan rumah Porprov 2020 nanti," tegasnya.

Dalam rapat itu banyak permasalahan dan masukan yang dibahas bersama Pengcab. Pemkab merespon dan akan memperjuangkan para atlet untuk meraih prestasi kedepannya. (*)