Legislator Dorong Padang Sediakan Angkutan Wisata Representatif

id pantai air manis

Pengunjung bermain di sekitar Batu Malin Kundang, di Pantai Air Manis, Padang. Dibutuhkan angkutan wisata yang representatif untuk menjangkau seluruh objek wisata yang ada di kota ini. (foto Iggoy Elfitra/ANTARA) (iggoy)

Padang, (Antara Sumbar) - DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mendorong pemerintah setempat untuk menyediakan angkutan wisata yang representatif guna memudahkan pengunjung dalam menjangkau setiap objek wisata yang ada di daerah itu.

Anggota Komisi IV DPRD Padang, Iswandi di Padang, Jumat, mengatakan pemerintah dapat bekerjasama dengan pihak ketiga dalam penyediaan angkutan wisata yang dapat menjangkau seluruh objek wisata, seperti biro-biro perjalanan, dan lain sebagainya.

"Dengan APBD yang terbatas, penyediaan angkutan wisata hanya dapat dilakukan dengan melibatkan pihak ketiga," katanya.

Permasalahan angkutan wisata, kata dia berkaitan dengan jumlah kunjungan, kemudahan dalam mengakses objek wisata dapat membuat ketertarikan wisatawan untuk berkunjung.

Meskipun terdapat angkutan di daerah itu seperti Trans Padang yang melewati Pantai Padang dan Masjid Raya Sumbar, tetapi hal itu belum menjangkau keseluruhan destinasi wisata yang jauh dari pusat kota seperti Lubuk Minturun dan tempat lainnya.

Ia mengatakan akan mengkoordinasikan hal tersebut dengan dinas terkait seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Perhubungan sehingga terdapat kesepakatan dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi-destinasi wisata di Padang.

Sejumlah warga yang berdomisili di Kota Padang, sebelumnya mengharapkan pemerintah setempat menyediakan angkutan untuk berwisata yang representatif guna memudahkan pengunjung.

"Seperti bus tingkat atau mobil safari, angkutan tersebut nyaman, aman dan mudah masuk ke tempat objek wisata," kata salah seorang warga di Padang Nur Aliah.

Dia menyebutkan saat ini memang telah ada delman dan mobil safari yang disediakan swasta tapi belum representatif dan tidak bisa mencapai semua objek wisata.

Berkaitan angkutan tersebut, Sekretaris Dinas Perhubungan Padang, Yudi Indra mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan bus Trans Padang sebagai salah satu angkutan wisata.

Pemerintah, tambahnya menyiapkan koridor tiga sebagai angkutan yang salah satu rutenya khusus ke tempat wisata seperti Pantai Padang.

Ke depan ujar dia, secara bertahap akan disediakan angkutan wisata yang representatif. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar