Everton Tahan Imbang United Berkat Penalti Baines

id Everton Marouane Fellaini

London, (Antara Sumbar) - Penalti larut Leighton Baines mengamankan rekor tidak terkalahkan Everton di kandang sendiri di Liga Inggris musim ini, setelah Manchester United sempat meraih keunggulan di Goodison Park pada Minggu.

Pelanggaran yang dilakukan mantan gelandang Everton Marouane Fellaini membuat timnya dihukum penalti pada menit ke-89, tidak lama setelah ia masuk sebagai pemain pengganti.

Sebelumnya, Zlatan Ibrahimovic membawa United memimpin beberapa saat sebelum turun minum dengan sepakan cungkilnya yang sempat mengenai mistar dan tiang gawang setelah setelah mantan rekan setimnya di Ajax Amsterdam, kiper Maarten Stekelenburg, bergerak maju meninggalkan kotak penalti.

United, yang tidak diperkuat Wayne Rooney karena skors, memiliki peluang melalui sepakan Ander Herrera yang mengenai tiang gawang, namun David de Gea harus melakukan serangkaian penyelamatan saat tim tuan rumah meningkatkan serangan.

Tim tamu kini menghuni peringkat keenam di klasemen, unggul satu angka atas Everton, namun ini merupakan contoh lain betapa United kerap menyia-nyiakan keunggulan.

Mereka mendapatkan hasil imbang pada tiga pertandingan terakhirnya di liga dan enam kali imbang dari delapan pertandingan terakhir, membuat mereka tertinggal sembilan angka dari tim empat besar.

"Kami tidak mendapatkan apa yang layak kami dapatkan," kata manajer Jose Mourinho kepada Sky Sports. "Pada setiap satu dari hasil-hasil imbang kami... (kami) layak untuk menang."

"Saya senang tim saya bermain sangat baik. Namun musim ini apa yang penting adalah hasil-hasil."

Mourinho menolak untuk mengomentari hadiah penalti kepada tim lawan.

Gol Ibrahimovic merupakan tembakan pertama ke gawang pada babak pertama yang berlangsung kurang menarik.

Satu-satunya hal lain yang layak dicatat sebelum turun minum adalah tekel dua kaki yang dilakukan pemain United Marcos Rojo terhadap Idrissa Gueye. Ia mendapatkan kartu kuning dan Ibrahimovic lolos dari hukuman keras beberapa saat kemudian, ketika kakinya mengenai kepala Seamus Coleman.

Everton, dengan satu kemenangan dari sembilan pertandingan, menarik kapten Phil Jagielka ke tepi lapangan dan ia memerlukan waktu lama untuk kembali bermain.

Ketika mereka melakukannya, De Gea menggagalkan peluang Kevin Mirallas, Gueye, dan Enner Valencia, satu dari tiga pemain pengganti Ronald Koeman.

Ia juga memasukkan Gerard Deulofeu dan Mason Holgate, membuat Ross Barkley dibangku cadangkan, namun perubahan krusial terjadi dengan masuknya Fellaini beberapa menit sebelum pertandingan usai.

Intervensi pertama pemain Belgia itu adalah pelanggaran tidak perlu terhadap Gueye yang mengakibatkan penalti.

"Penampilan tim positif dan kami memperlihatkan organisasi hebat," kata manajer Ronald Koeman. "Kami menyulitkan United untuk menciptakan apapun."

"Satu angka adalah hal minimal yang layak kami dapatkan. Ini merupakan hasil yang adil. Kami tetap tidak terkalahkan di kandang sendiri maka kami sangat gembira." (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar