Sawahlunto Gelar Napak Tilas Hari Pahlawan

id Sawahlunto

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar napak tilas perjuangan untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November setiap tahun, Rabu.

"Kegiatan diawali dengan dialog kejuangan antara peserta yang terdiri dari utusan organisasi sosial kemasyarakatan, Pramuka dan organisasi kepemudaan lainnya di bawah koordinasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sawahlunto bersama pihak Dewan Joeang 45," kata koordinator kegiatan tersebut, Ritu Karianto, di Sawahlunto, Rabu.

Dia menjelaskan dialog akan dipusatkan di kawasan gedung Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lunto, Kecamatan Lembah Segar, sebelum rombongan dilepas menuju rute napak tilas dengan berjalan kaki dari Desa Lunto, Kecamatan Lembah Segar menuju Desa Lumindai, Kecamatan Barangin.

Dia mengatakan kegiatan tersebut untuk mengenang kembali keluhuran pengorbanan para pahlawan dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, yang salah satunya ditunjukkan dalam pertempuran rakyat Surabaya melawan dominasi tentara Sekutu yang diboncengi oleh serdadu Belanda, "Nederlandsch Indi Civil Administratie (NICA)", yang berupaya menguasai kembali Indonesia yang sudah memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Ia mengatakan rasa nasionalisme dan semangat bela negara bisa terus diasah serta diperbaharui kembali oleh segenap peserta melalui kegiatan yang direncanakan dilepas oleh Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf.

Ketua DPD KNPI Kota Sawahlunto Andri Maha Putra mengatakan lima orang utusan dari unsur TNI/Polri serta 11 OKP yang berada di bawah koordinasi induk organisasi kepemudaan tersebut, sudah memberikan konfirmasi kehadirannya pada kegiatan itu.

"Kegiatan juga akan diikuti utusan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan kelompok Vertical Rescue Merah Putih (VRMP) Kota Sawahlunto serta utusan kelompok pecinta alam, dengan perkiraan jumlah peserta mencapai seratus orang lebih," kata dia.

Jadwal kegiatan, katanya, akan diawali dengan dialog yang akan dilaksanakan pada Rabu sekitar pukul 14.00 WIB dan dilanjutkan dengan napak tilas yang diperkirakan akan dilepas pada sore harinya, sekitar pukul 16.30 WIB.

Terkait dengan rute yang akan dilewati, katanya, merupakan kawasan hutan yang diyakini pernah menjadi basis perjuangan rakyat kota itu dalam merebut kemerdekaan.

"Sebagian jalur napak tilas dilewati pada malam hari, dan keesokan harinya akan dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara Hari Pahlawan di kawasan Lapangan Ombilin serta kegiatan ziarah ke makam pahlawan pejuang 45 yang berada di kawasan Kubang Sirakuk, Kecamatan Lembah Segar," kata dia. (*)