RUPST PTBA Sepakat Bagi Dividen Rp611 Miliar

id RUPST PTBA

Jakarta, (Antara) - Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyepakati untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp611 miliar atau setara dengan Rp289,73 per saham untuk tahun buku 2015.

"Pembagian dividen ini merupakan bentuk apresiasi perseroan kepada pemegang saham. Jumlah dividen itu merupakan 30 persen dari total laba bersih perseroan tahun buku 2015 yang sebesar Rp2,04 triliun," kata Direktur PTBA Joko Pramono di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan sepanjang tahun 2015, PTBA membukukan laba bersih sebesar Rp2,04 triliun atau tumbuh 9,30 persen dari perolehan laba bersih PTBA di periode sebelumnya sebesar Rp1,89 triliun.

"Meski harga batubara dunia terus mengalami penurunan sejak 2012, namun hampir secara keseluruhan kinerja PTBA tahun 2015, baik itu kinerja operasional maupun kinerja keuangan lainnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan," katanya.

Untuk menghadapi tekanan dari penurunan harga, lanjut dia, perseroan mengambil langkah-langkah strategis diantaranya melakukan efisiensi di berbagai lini berupa optimasi sistem penambangan dengan elektrifikasi peralatan tambang menggunakan tenaga listrik milik sendiri, dan mengakuisisi perusahaan jasa penambangan untuk meningkatkan volume swakelola bagi operasional penambang.

Joko Pramono menambahkan, perseroan juga akan memprioritaskan ekspor dengan batubara kalori tinggi melalui market branding yang sesuai dengan kebutuhan pasar, serta melakukan terobosan pasar baru, diantaranya ke Banglades dan Pakistan.

Dalam RUPST itu, juga disepakati untuk merombak jajaran Dewan Komisaris dan Direksi. Posisi Direktur Utama yang baru dijabat oleh Arviyan Arifin menggantikan Milawarma. Sementara itu, posisi Direktur dijabat oleh Anung Dri Prasetya, Achmad Sudarto, Arie Prabowo, Suryo Eko Hadianto, dan Joko Pramono.

Sementara posisi Komisaris Utama dijabat oleh Agus Suhartono, yang didampingi komisaris, yakni Rober Heri, Purnomo Sinar Hadi, M. Said Didu, dan Leonard. Sementara Komisaris Independen dijabat oleh S. Koesnaryo. (*)