Menlu Lantik Konhor RI Ramallah di Amman

id Menlu

Jakarta, (Antara) - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi melantik Konsul Kehormatan Indonesia pertama untuk Palestina, Maha Abu-Shusheh, yang berkedudukan di Ramallah pada Minggu (13/3) di Amman, Yordania.

Upacara pelantikan dilakukan di KBRI Amman dihadiri oleh Menlu Palestina Riyad al-Maliki, para duta besar negara-negara ASEAN dan OKI di Amman, menurut keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Senin.

Pelantikan Konsul Kehormatan RI untuk Palestina dilakukan di KBRI Amman karena, beberapa saat menjelang keberangkatan Menlu RI beserta delegasi menuju Ramallah, Israel tidak memberikan ijin "over flight" bagi helikopter angkatan udara Yordania yang akan membawa Menlu RI.

Namun, tanpa ijin over flight tersebut tidak menyurutkan niat pemerintah Indonesia untuk melantik Konhor RI Ramallah.

Dalam upacara pelantikan, Menlu Retno meminta Konhor RI di Ramallah untuk dapat berperan aktif meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Palestina.

"Saya harap Konhor RI di Ramallah dapat menjadi penyambung tali persaudaraan rakyat Indonesia dan Palestina," ujar Retno.

Selain mendekatkan hubungan bilateral, Konsul Kehormatan RI di Ramallah juga memiliki tugas untuk memberikan pelayanan dan perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia serta meningkatan hubungan dan kerjasama ekonomi dan sosial budaya.

Selain itu, Konsul Kehormatan RI juga bertugas melakukan promosi ekonomi, perdagangan, pariwisata, investasi, tenaga kerja dan jasa, serta promosi sosial budaya.

Pembukaan Konsul Kehormatan RI di Ramallah merupakan konsul kehormatan pertama di antara 41 kedutaan besar dan konsul asing di Ramallah. Sementara Konsul Kehormatan asing lainnya di Palestina saat ini berada di Bethlehem.

Dalam sambutannya, Menlu Retno juga menyampaikan bahwa pelantikan dan pembukaan kantor Konsul Kehormatan di Ramallah merupakan bukti nyata dukungan Indonesia terhadap Palestina.

"Dukungan Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina tidak pernah padam dan pada hari ini kita maju satu langkah lagi dengan pelantikan Konsul Kehormatan RI di Ramallah," ujar dia.

Indonesia selama ini terus memberikan dukungan konkret bagi penyelesaian isu Palestina, baik secara politis maupun melalui bantuan pembangunan kapasitas. (*)