25 Pegawai BPKP Kuliah S1-Akuntansi Di Unand

id bpkp,kuliah,unand

Padang, 24/1 (Antara) - Sebanyak 25 orang pegawai Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pusat akan berkuliah program strata 1 (S1) program studi Akuntansi di Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), tahun ajaran 2015/2016.

"Kedua puluh lima pegawai tersebut terdiri atas pegawai Pengelola Keuangan Negara (PKN) dan Aparat Pengawasan Interen Pemerintahan (APIP)," kata Ketua jurusan Akuntansi STAR BPKP Drs Riwayadi, di Padang, Minggu.

Dia menyebutkan masuknya pegawai untuk berkuliah tersebut merupakan bagian dari kerja sama antara Unand dan BPKP Pusat dalam program beasiswa STAR BPKP.

Program ini telah berjalan tiga kali dan pada tahun ini menjadi angkatan yang keempat atau terakhir dari tenggat kerja sama yang berakhir pada 2017.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk tahun ajaran saat ini pihaknya menerima lamaran sebanyak 66 orang namun yang berhasil lolos seleksi hanya 25 orang.

Kedua puluh lima orang ini akan mulai melakukan kuliah setelah pada Kamis (20/1) telah melaksanakan orientasi mahasiswa.

Nantinya secara kurikulum pembelajaran akan disesuaikan

dengan program S1 reguler meski mungkin nantinya terdapat perbedaan dalam materi.

"Tujuan dari program beasiswa kerja sama ini untuk meningkatkan sumber daya manusia di tubuh BPKP, "katanya.

Dia berharap mahasiswa baru tersebut yang sebagian besar dari luar Sumbar dapat mudah beradaptasi dan bisa berkuliah dengan baik.

Sementara itu salah satu alumnus Akuntansi Unand, Yefni mengatakan bahwa mahasiswa beasiswa STAR BPKP memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan program reguler.

Untuk itu katanya, masing-masing mahasiswa mampu saling berkoordinasi dan menciptakan suasana kondusif dalam perkuliahan.

Sebab kedua jenis prodi tersebut sama-sama membawa panji Ekonomi secara khusus dan Unand secara umum, ujarnya. *