Viking: Final Piala Presiden Kebangkitan Sepak Bola

id Viking, Final, Piala Presiden

Viking: Final Piala Presiden Kebangkitan Sepak Bola

Ilustrasi bola. (Antara)

Jakarta, (AntaraSumbar) - Ketua umum Viking --salah satu kelompok pendukung Persib Bandung-- Heru Joko, berharap final Piala Presiden yang mempertemukan Persib Bandung dengan Sriwijaya FC, Minggu (18/10), bakal menjadi momen kebangkitan persatuan sepak bola Indonesia.

Meski saat ini rencana Panitia Pelaksana yang menetapkan laga final di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta masih menuai pro-kontra, Heru meminta semua pihak bisa menyikapinya dengan bijak.

"Indonesia butuh sepak bola dan saya berharap laga final nanti bisa berjalan dengan baik atas bantuan semua pihak," kata Heru di Jakarta, Selasa.

Menanggapi ramainya perang urat syaraf yang terjadi di media sosial antara pendukung Persib Bandung dengan Persija Jakarta terkait tempat final yang selama ini kerap menjadi homebase Persija, Heru menilai semua pihak jangan terpancing.

Meski diakui kedua belah pihak memiliki catatan sejarah rivalitas yang kurang baik, sudah selayaknya perhelatan final nanti menjadi momentum untuk saling menghargai dan menggalang perdamaian antara kedua belah pihak.

"Selama ini proses perdamaian antara bobotoh (pendukung Persib) dengan Jakmania (pendukung Persija) terus dibangun. Walaupun belum maksimal jangan putus asa untuk hal positif. Suatu saat pasti tercapai," kata dia.

Sebelumnya panitia pelaksana Piala Presiden merencanakan perhelatan final yang mempertemukan Persib Bandung dengan Sriwijaya FC digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, mengingat panasnya rivalitas antara Persib Bandung yang merupakan salah satu finalis dengan Persija Jakarta yang kerap menggunakan GBK sebagai home base-nya, panita pelaksana memperisapkan sejumlah opsi lain seperti di Bali dan di Solo. (*)