Dua Calon Hadiri Pelantikan Pj Bupati Pasaman

id Pelantikan, Penjabat Bupati, Pasaman

Padang, (AntaraSumbar) - Penjabat Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Reydonnyzar Moenek mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Pasaman yang menghadirkan dua pasang calon kepala daerah setempat dalam pelantikan Penjabat Bupati Syofyan di aula gubernuran, Senin.

"Ini adalah aplikasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 'Badunsanak' (keluarga/saudara, red) yang menjadi ciri khas Sumbar yang BISA diapresiasi dan dicontoh oleh daerah lain," katanya usai pelantikan di Padang.

Menurutnya, Pilkada adalah upaya untuk mencari pemimpin yang mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

Upaya itu, menurut dia, harus dilaksanakan dengan jujur dan semangat membangun daerah, tanpa ada perpecahan apalagi pertikaian antar sesama.

Karena itu, apa yang dilakukan oleh pemkab Pasaman, menurut dia, adalah hal yang sangat positif.

Terkait pelantikan Pj Bupati Pasaman yang terlambat dari jadwal, menurut Reydonnyzar Moenek, disebabkan dirinya sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci.

Namun, dia memastikan penundaan tersebut telah diberitahukan dan diizinkan Presiden RI Joko Widodo dan Mendagri Tjahyo Kumolo.

"Saya sudah minta izin agar membolehkan pelantikan dilakukan setelah pulang dari tanah suci. Saya telepon pak sekretaris daerah, minta agar ditetapkan Pelaksana harian(Plh) bupati menjelang pelantikan Penjabat(Pj) bupati dilakukan," katanya.

Menurutnya, meskipun dijabat oleh Plh, tetapi roda pemerintahan tidak terganggu dan tetap berjalan dengan baik.

"Kita apresiasi kinerja Sekretaris Daerah A Syafei Siregar saat menjabat Plh bupati," katanya.

Dia juga memuji kekompakan mantan Bupati Benny Utama dan mantan Wakil Bupati Daniel Lubis dalam memajukan Pasaman.

Lebih jauh, dia meminta Pj Bupati Pasaman Syofyan melaksanakan tugas untuk menjalankan roda pemerintahan dan mensukseskan Pilkada di daerah dengan baik.

"Jaga betul netralitas Aparatur Sipil Negara(ASN) di daerah," katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Pasaman yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sofyan mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah(Forkopimda) di daerah itu untuk memastikan roda pemerintahan dan proses Pilkada berjalan dengan baik.

"Kita akan jalin komunikasi dengan semua pihak," katanya.

Pemilihan Kepala Daerah di Pasaman Barat pada 9 Desember 2015 hanya diikuti oleh dua pasangan calon yaitu Yusuf Lubis dan Atos Pratama serta mantan Bupati Benny Utama dan Daniel Lubis.

Dua pasang calon tersebut sama-sama menghadiri pelantikan Penjabat Bupati Pasaman dengan undangan dari Pemkab setempat. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar